Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Kebakaran Pasar Minggu Mengungsi di Sekretariat RW

Kompas.com - 21/07/2012, 14:25 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran melanda 30 rumah petak di Jalan Masjid Al Makmur, RT 01-02 RW 08, Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Sabtu (21/7/2012) subuh. Sebanyak 159 warga yang sebagian besar bekerja sebagai pedagang di Pasar Minggu itu terpaksa kehilangan tempat tinggalnya. Saat ini, seluruh warga sudah diungsikan di Sekretariat RW 08 yang lokasinya tak jauh dari lokasi kebakaran.

"Untuk sementara, ditampung di Sekretariat RW selama dua hari," ungkap Lurah Pejaten Timur, Fuad, Sabtu (21/7/2012), saat ditemui di lokasi.

Bantuan bagi para korban kebakaran juga mulai berdatangan ke posko darurt tersebut. Tim dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan sudah memberikan sejumlah kebutuhan pokok warga seperti makanan, minuman, dan obat-obatan.

Fuad mengatakan, seluruh warganya berhasil menyelamatkan diri dari kobaran api yang semakin membesar. Warga di sekitar lokasi kebakaran pun langsung sigap membantu menyiramkan air ke rumah petakiu untuk memadamkan api.

"Api baru bisa dipadamkan pukul 06.30 WIB. Dalam tiga bulan terakhir, ini pertama kalinya terjadi kebakaran di Pasar Minggu. Di sini memang rumah rapat-rapat, rumah petak. Paling besar hanya toko klontong bagian bawahnya," tutur Fuad.

Adapun, kebakaran ini diduga terjadi akibat korsleting listrik yang terjadi di lantai 2. Kerugian akibat peristiwa ini ditaksir sekitar Rp 300 juta, karena seluruh bagian rumah hangus, tinggal puing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com