Kompas.com - 26/07/2012, 03:22 WIB
|
EditorFarid Assifa

BANDUNGAN, KOMPAS.com — Gerakan Pemuda Kabah (GPK) Jawa Tengah memperingatkan pemerintah dan pihak kepolisian agar konsisten menegakkan aturan terkait operasional tempat-tempat hiburan selama bulan Ramadhan.

Apabila aparat abai ataupun melakukan pembiaran, maka ormas-ormas Islam terpaksa melakukan sweeping atau penyisiran.

"Kalau suara ulama didengarkan oleh pemerintah dan polisi, kami tak perlu sweeping. Sebab, saat ini kemungkaran seolah menantang di depan mata," kata Sekretaris Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) GPK Jawa Tengah, M Teguh Santoso, saat ditemui di Markas GPK di Jatisari Ungaran, Rabu (25/7/2012) siang.

Di tempat yang sama, Sekretaris GPK Jateng Mustafid membantah bahwa pihaknya akan melakukan sweeping di Bandungan, seperti santer diberitakan hari ini. Ia meyakinkan bahwa agenda GPK sejauh ini masih berupa pantauan tempat hiburan bukan sweeping. Namun, apabila ditemukan pelanggaran, pihaknya tak segan akan turun ke lapangan melakukan penertiban.

"Sebelumnya kami sudah mengirim surat imbauan pemuliaan Ramadhan kepada Bupati Semarang agar tempat hiburan dan lokalisasi tutup selama Ramadhan," kata Mustafid.

Dikabarkan, Selasa (24/7/2012) malam hingga Rabu pagi, ratusan warga di kawasan wisata Bandungan, Kabupaten Semarang, melakukan penjagaan di semua jalan masuk lingkungan, menyusul adanya sweeping warung makan dari FPI Cabang Jateng, Selasa siang kemarin. Suasana makin mencekam lantaran beredar isu akan ada sweeping susulan dari GPK pada Rabu malam, meski kenyataannya tidak terjadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.