Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Akan Ditahan Selama 20 Hari

Kompas.com - 02/08/2012, 19:49 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tujuh tersangka kasus bullying di SMA Don Bosco akan ditahan di rutan anak-anak, Rutan Salemba. Mereka akan menginap di Hotel Prodeo itu selama 20 hari.

Dalam paparan kepada pers di Mapolrestro Jakarta Selatan, Kamis (3/8/2012), Kasat Reskrim Polres Metro Jaksel AKBP Hermawan menerangkan, penahanan 20 hari itu sesuai dengan Pasal 16 Undang-undang Perlindungan Anak.

"Penahanan pertama akan berlangsung selama 20 hari, kemudian akan diperpanjang selama 10 hari. Jadi totalnya 30 hari," papar AKBP Hermawan.

Proses ini, terang dia, berbeda dengan penerapan pada tahanan dewasa. Untuk tahanan dewasa, penahanan akan berlangsung selama 20 hari untuk kemudian diperpanjang menjadi 40 hari.

Ketujuh pelajar yang akan ditahan masing-masing berinisial AA, AK, KA, RR, RJ, SA, dan GC. Inisial terakhir adalah seorang mantan siswa SMA Don Bosco yang telah dikeluarkan dari sekolah lantaran berkelakuan buruk. Sementara enam yang lain adalah siswa kelas 3 SMA tersebut.

"Saat ini mereka masih ditangani unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak). Besok akan dipindahkan ke Bapas (Badan Pemasyarakatan), kemudian ke Lapas Salemba," lanjut Kasat Reskrim.

Hermawan juga menjelaskan, jika keluarga kedua belah pihak memilih untuk melalui jalur damai, proses hukum tetap bisa dilanjutkan.

"Karena ini delik aduan sehingga proses hukum akan tetap jalan," imbuh Hermawan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com