Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepekan Jelang Lebaran, Terminal Lebak Bulus Masih Landai

Kompas.com - 10/08/2012, 14:54 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Situasi arus mudik di Terminal Bus Antarkota Lebak Bulus Jakarta Selatan sepekan menjelang Lebaran terpantau masih landai. Pihak perusahaan operasi (PO) bus masih menyediakan bus dalam jumlah yang sama dengan hari-hari biasa.

"Masih landai, belum ada peningkatan penumpang. PO masih siapkan jumlah bus seperti hari biasa," kata Wakil Kepala Terminal Lebak Bulus Suwarto saat ditemui Kompas.com di Jakarta Selatan, Jumat (10/8/2012) siang.

Ia menjelaskan, jumlah penumpang harian yang diberangkatkan dari Terminal Lebak Bulus mencapai 2.000 orang. Untuk itu, setiap PO rata-rata menyiapkan 2-4 bus untuk perjalanan harian.

"Ada 65 PO bus yang ada di sini. Normalnya mereka siapkan paling banter empat bus setiap hari," sambung Suwarto.

Pihaknya telah bekerja sama dengan Kepolisian Sektor Metro Cilandak untuk mendirikan posko mudik. Selain menyediakan layanan informasi bagi penumpang, pos terpadu itu juga akan berfungsi untuk melakukan pengawasan terhadap kelaikan bus beserta pengemudi, memantau perkembangan arus penumpang serta keamanan seputar terminal.

"Banyak aksi-aksi kriminal yang kerap terjadi saat penumpang lagi padat, misalnya penipuan, copet, dan pembiusan," jelas Suwarta yang juga merupakan Komandan Regu Petugas Terminal.

Posko Lebaran di Terminal Lebak Bulus akan digelar mulai H-9 atau sembilan hari sebelum Lebaran, sampai H+7 atau 7 hari setelah Lebaran. Selain dengan pihak kepolisian, Posko ini juga melibatkan PMI dan pihak asuransi Jasa Raharja.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com