Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi-bagi Kartu Sehat, Foke Didoakan Ibu-ibu

Kompas.com - 22/08/2012, 15:10 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta membagikan kartu Jaminan Pelayanan Kesehatan Keluarga Miskin (JPK-Gakin) secara simbolis kepada 14 warga Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Ibu-ibu yang menerima kartu pun mendoakan Gubernur yang akrab disapa Foke itu.

Pemberian kartu kesehatan secara simbolis ini dilakukan Foke saat mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja dan Puskesmas Rawat Inap Koja, Jakarta Utara. Penerima JPK-Gakin terdiri atas masyarakat lanjut usia (lansia), juru pemantau jentik (jumantik), dan keluarga miskin.

Saat menyerahkan kartu JPK-Gakin secara simbolis, Foke sempat mengobrol dengan masing-masing penerima kartu. Para penerima yang sebagian besar adalah ibu-ibu pun ramai-ramai mendoakan Foke yang juga sedang bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta putaran kedua.

"Terima kasih ya, Pak. Semoga Bapak saja deh yang lanjut," kata salah seorang ibu lansia penerima kartu JPK-Gakin di Puskesmas Rawat Inap Koja, Jakarta Utara, Rabu (22/8/2012).

Foke yang didoakan oleh ibu-ibu itu hanya tersenyum seraya menyalami para penerima lainnya. Selain itu, Foke juga melempar guyonan kepada salah satu lansia penerima kartu JPK-Gakin.

"Oh, ini ibunya masih muda banget ya, masih delapan belas tahun," canda Foke.

Sontak candaan Foke mengundang gelak tawa dari para pasien dan pengunjung Puskesmas.

Setelah itu, Foke juga mengunjungi Ruang Paviliun Rawat Inap penderita demam berdarah, tifus, dan gizi buruk. Saat ia berkunjung ke penderita demam berdarah, ibu dari pasien tersebut sempat melontarkan kecintaannya kepada sosok Fauzi Bowo.

"Pak, anak saya yang lagi sakit ini sudah dari tahun 2007 ngefans sama Pak Haji. Kami keluarga besar kemarin pilih Bapak. Besok pilih lagi, pokoknya biar Bapak lanjut terus deh," kata Raisah (42), ibu dari anak penderita demam berdarah itu.

Ia melanjutkan, kecintaannya terhadap Foke juga dikarenakan Foke memiliki pembawaan yang karismatik.

"Pokoknya Pak Foke tuh beda deh dari yang lain, auranya karismatik banget," kata Raisah. Mendengar hal itu, Foke hanya tersenyum dan tertawa.

Selain ke Ruang Paviliun Rawat Inap, ia juga memantau Ruang Jaminan Persalinan (Jampersal) dan Griya Kasih Program Terapi Rumatan Metadon. Dalam kesempatan tersebut, Foke mengatakan, Puskesmas Kecamatan Koja tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak puskesmas yang memberikan pelayanan bagi para pengguna narkotika.

"Kalau di Jakarta Utara ini ada di dua puskesmas, yaitu di Tanjung Priok dan di sini (Puskesmas Kecamatan Koja)," ujar Foke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com