Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posko Partai Berdiri di Lokasi Kebakaran Tanah Sereal

Kompas.com - 24/08/2012, 16:27 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Posko-posko partai politik terlihat mewarnai lokasi kebakaran di Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat. Posko tersebut antara lain Posko Relawan Bersatu Jakarta yang didirikan Partai Demokrat dan posko yang didirikan Partai Keadilan Sejahtera.

"Sumbangan berupa air mineral dan mi instan yang diberikan oleh Ernawati Sugondo dari DPRD Fraksi Partai Demokrat dan Didi Mawardi dari DPD," Kata Syarif Irawan, salah satu relawan Partai Demokrat, Jumat (24/8/2012).

Ia mengatakan, sumbangan-sumbangan melalui posko memang biasa diberikan kepada mereka yang mengalami musibah. Pihak Partai Demokrat diklaimnya selalu memiliki relawan-relawan bencana di setiap wilayah.

Selain posko partai politik, ada posko pengungsian yang didirikan oleh Kementerian Sosial RI di Taman Jagung yang berada di RW 03, Mushala Nurul Wida dan Mushala Al Falah di RW 01 yang juga dijadikan tempat penampungan sementara. Di posko Kementerian Sosial, petugas PMI terlihat sudah membagikan sumbangan berupa nasi bungkus.

"Untuk hari ini, kita akan bagikan jatah nasi bungkus dua kali. Masing-masing kita bagikan 150 nasi untuk 150 pengungsi sementara di sini," kata petugas PMI, Sari Ramadhan.

Sebelumnya, Camat Tambora Isnawa Adji menyebutkan bahwa kebakaran di Kelurahan Tanah Sereal terjadi di RT 06, 07, 08, dan RT 09 dari RW 01; serta RT 06 dari RW 03. Api yang menyala mulai pukul 03.45 baru pada padam pukul 05.45.

Berdasarkan data yang didapat pihaknya, sebanyak 66 rumah dan 1 mushala hangus terbakar. Sekitar 142 kepala keluarga dari 293 jiwa kehilangan tempat tinggal, belum lagi warga yang mengontrak di daerah tersebut.

Kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik di rumah Nana, yang terletak di RT 07 RW 01. Untuk menaklukkan api, 37 unit pemadam kebakaran dikerahkan. Satu orang meninggal karena penyakit jantung atas nama Muhammad Nur (65), warga RT 07 RW 01.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com