Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun Jatinegara Siap Menyambut Arus Balik

Kompas.com - 24/08/2012, 20:25 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekati puncak arus balik Lebaran 1433 H yang diprediksi terjadi pada Sabtu (25/8/2012) dan Minggu (26/8/2012), kesiapan layanan penumpang yang akan tiba di Stasiun Jatinegara Jakarta Timur sudah dipersiapkan.

"Kita ini dibantu oleh pihak Kepolisian ada 12 personel, dari Brimob 20 personel, dari Polsuska 7 personel, dari petugas pengaman stasiun dan petugas keamanan dalam ada 30 personel, masing-masing dibagi dalam tiga shift sehari. Untuk keamanan, Alhamdulilah sampai saat ini aman," kata Wakil Kepala Stasiun Jatinegara Weddy Hartono, kepada kompas.com, Jumat (24/8/2012) siang.

Stasiun Jatinegara, kata dia, juga memberlakukan sistem pengamanan tertutup (pamtup). Sejumlah petugas keamanan tak berseragam berbaur dengan penumpang di dalam stasiun mengawasi titik-titik rawan.

Untuk pelayanan kesehatan, Weddy mengungkapkan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai instasi untuk memberikan layanan kesehatan penumpang. "Dari kesehatan kita dibantu oleh PMI (palang merah Indonesia), ada satu mobil ambulans juga tenaga medis. Kita juga ada dari Puskesmas Kramat Jati dan Puskesmas Jatinegara dibantu masing-masing oleh satu dokter," ujar Weddy.

Ia mengimbau masyarakat yang baru tiba di stasiun agar selalu memperhatikan barang bawaan, dan tidak tergesa-gesa saat turun, serta tidak berinteraksi kepada orang yang tidak dikenal.

"Kadang-kadang ada penumpang yang lupa, seperti ada barang yang tertinggal, silakan melapor di PAP (pengawas peron). Kita akan coba bantu, disebutkan ciri-ciri barang yang tertinggal, tempat duduknya berapa, gerbong berapa, kereta apa, nanti kita hubungi stasiun berikutnya. Kalau ditemukan, akan dititipkan di sana dan yang bersangkutan mengambilnya di sana," kata Weddy.

Ketika ditanya mengenai orang-orang di luar stasiun yang menawarkan jasa porter (pemanggul barang), ojek, dan angkutan, Weddy mengatakan apabila ditemukan hal-hal tidak menyenangkan bisa melapor pada pihak keamanan stasiun.

"Di depan ini ada Pos Polisi (Pos Pelayanan Lebaran Polres Jakarta Timur), penumpang yang turun ini dan masih di (lingkungan) stasiun, keamanan mereka menjadi tanggung jawab kita," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com