Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hampir Satu Juta Orang Diseberangkan PT ASDP

Kompas.com - 28/08/2012, 16:05 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama masa Lebaran, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah menyeberangkan hampir satu juta orang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. Selain itu, 193.166 kendaraan, baik roda dua maupun roda empat ikut diseberangkan.

Data terkini yang merupakan hasil rekapitulasi sejak H-9 hingga H+7 mencatat kenaikan signifikan terpantau pada kendaraan roda dua yang naik 8 persen dan kendaraan roda empat sebesar 11 persen. Sedangkan jumlah penumpang yang diseberangkan tercatat  982.748 orang.

Sementara rekapitulasi data dari Pelabuhan Bakauheni untuk waktu yang sama yaitu H-9 hingga H+7, juga menyebutkan kenaikan dibanding tahun 2011yaitu sekitar 6,4 persen untuk penumpang, 5,5 persen untuk kendaraan roda dua, dan 12 persen untuk kendaraan roda empat.

"Ini dapat diartikan bahwa tingkat ekonomi masyarakat semakin meningkat sehingga jumlah kendaraan pribadi pun semakin meningkat tajam," kata Danang S Baskoro, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Selasa (28/8/2012) dalam surat elektroniknya.

Tahun 2012, kata Danang, merupakan tahun penuh tantangan bagi ASDP. Namun di tengah sorotan masyarakat dan pemerintah terkait kelancaran arus Penyeberangan Merak, ASDP mampu mengatasi angkutan massal pada puncak arus mudik lalu.  

"Kami sangat bersyukur bahwa kelancaran angkutan lebaran tahun ini berjalan baik, aman dan selamat dengan tanpa kecelakaan," ujar Danang.

Secara umum, moda angkutan penyeberangan mencatatkan penurunan volume penumpang. Yakni dari 3,04 juta orang menjadi 2,98 juta orang. Padahal tahun-tahun sebelumnya, penambahan penumpang penyeberangan selalu besar. Dan tahun ini, sebenarnya penyeberangan ditargetkan membawa 3,38 juta orang.    

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com