Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekitar 700 Orang Kehilangan Rumah

Kompas.com - 28/09/2012, 20:37 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 700 jiwa dari 90 Kartu Keluarga kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran yang terjadi di Mangga Besar Jumat (28/9/2012) siang. Kebakaran menghanguskan pemukiman warga di RT 4, 5, 6, dan 7 RW 4 Kelurahan Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat.

"Warga yang mengalami kebakaran sekitar 700 jiwa, sementara mereka ditampung di tenda yang berada di sekitar masjid dekat lokasi kebakaran," kata Imron, Camat Tamansari kepada Kompas.com, Jumat (28/9/2012).

Imron mengatakan, bantuan sudah diterima warga dari Palang Merah Indonesia, Dinas Sosial, Kelurahan, Kecamatan, maupun warga sekitar yang tidak tertimpa musibah. Kapolres Jakbar juga turut memberikan bantuan makanan dan tenda untuk warga yang menjadi korban kebakaran.

Sutarno, Kepala Operasional Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Barat mengatakan, mengenai penyebab kebakaran masih diselidiki pihak kepolisian. Ada dugaan berasa dari percikan korsleting listrik atau puntung rokok di mess Gereja Kristus Yesus, Mangga Besar.

Awalnya, api membakar tempat tidur sehingga menyebabkan kebakaran besar tersebut. Menurut penuturan warga di lokasi kejadian, api muncul dari Mess Gereja yang berada di luar lingkungan gereja. Mess tersebut terdiri dari 5 kamar dan di setiap kamar berisi 3-4 orang pegawai.

Saat api menyala, warga sudah mencoba membangunkan penghuni mess, tetapi tidak berhasil sehingga api terlanjur besar dan sulit dipadamkan. Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 WIB di jalan Labu dan jalan Belimbing, Taman Sari, Jakarta Barat. Sekitar 90 rumah hangus terbakar.

Berita lain terkait kebakaran di Jakarta dapat diikuti di topik: Kebakaran di Jakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com