Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalanan Jakarta Malah Sepi Pendemo

Kompas.com - 03/10/2012, 16:21 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demo besar buruh yang terjadi hari ini, Rabu (3/10/2012) tidak mempengaruhi kondisi arus lalu lintas di Jakarta. Ibu Kota malah lengang karena hanya segelintir kaum buruh yang berunjuk rasa di Jakarta. Volume kendaraan berkurang 40-45 persen dari hari-hari biasanya.

"Hingga saat ini situasi kondusif di Jakarta. Kendaraan juga berkurang 40-45 persen dari yang biasanya ada sehari-hari," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Rabu (3/10/2012), di Mapolda Metro Jaya.

Rikwanto memperkirakan, berkurangnya volume kendaraan lantaran banyaknya masyarakat yang mengikuti aksi demo buruh.

Berkurangnya kendaraan lalu lintas tampak terjadi di sejumlah titik dan ruas jalan seperti Jalan Jenderal Sudirman, Bundaran Hotel Indonesia, Jalan Gatot Subroto, simpang Semanggi, jalan MH Thamrin, dan di sekitar kawasan Monas. Padahal, sehari-harinya di ruas jalan itu aktivitas perjalanan warga paling tinggi terjadi.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan DKI Jakarta, setidaknya ada 20 juta perjalanan yang melintas di Ibu Kota. Sebagian besar dilakukan oleh kendaraan pribadi baik sepeda motor dan mobil.

Pertumbuhan jumlah kendaraan pribadi di Jakarta sendiri mencapai 1.117 per hari. Kondisi yang tidak lazim di Jakarta ini bisa jadi karena aktivitas unjuk rasa lebih terpusat di kawasan industri seperti Tangerang dan Bekasi.

Lokasi-lokasi di Jakarta yang biasa dijadikan tempat berunjuk rasa pun sepi pendemo seperti di Bundaran Hotel Indonesia, Istana Negara, dan Gedung DPR/MPR. Kepadatan justru terjadi di depan gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, yang dipenuhi sekitar 200 buruh berunjuk rasa; kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara; dan di depan Kemenakertrans, Jalan MT Haryono, Jakarta Timur.

Hal ini pun diakui Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Komisaris Besar M Chairul Nur Alamsyah. "Situasi di beberapa titik sudah kondusif kecuali KBN Cakung, Bekasi dan Tangerang, lainnya sudah aman," ujarnya.

Nur mengaku belum ada informasi lebih apakah demo buruh yang ada di Bekasi dan Tangerang akan menuju Jakarta. Pihak kepolisian, lanjutnya, akan terus berjaha hingga batas akhir waktu berunjuk rasa pukul 18.00 WIB.

Diberitakan sebelumnya, elemen buruh akan melakukan aksi unjuk rasa besar, Rabu (3/10/2012). Setidaknya akan ada 23.000 buruh yang melakukan aksinya dari pagi hingga siang hari. Mereka menuntut dihapuskannya sistem outsourcing.

Berita terkait dapat diikuti di topik DEMO BURUH TOLAK OUTSOURCING.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com