Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembagian Daging Kurban di Istiqlal seperti Pemilu

Kompas.com - 25/10/2012, 22:03 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hewan kurban di Masjid Istiqlal akan disembelih seusai shalat Idul Adha. Daging kurban akan dibagikan kepada penerima kupon sekitar pukul 16.00 WIB. Agar berlangsung tertib, penerima daging kurban akan diminta mencelupkan jarinya di tinta, seperti saat pemilu.

Pembagian kurban pada Jumat (26/10/2012) akan dilakukan di halaman belakang Masjid Istiqlal. Di sana telah disediakan dua tenda, masing-masing dengan 500 kursi. Satu tenda untuk pria dan satu tenda untuk wanita. Jadi, penerima daging kurban yang telah memperoleh kupon menunggu di tenda tersebut.

"Jadi, antara tenda dan tempat pembagian kuponnya itu berjarak sekitar 20 meter. Jadi, tidak ada orang yang bergerombol dan berdiri untuk mendapatkan kupon," jelas Sekretaris Badan Pelaksana dan Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) Subandi di Jakarta, Kamis (25/10/2012).

Setelah mendapatkan kupon, peserta akan berjalan sejauh 200 meter untuk mengambil daging kurban. Setelah mendapatkan daging, dia harus mencelupkan jarinya ke tinta, seperti pemilu.

Hal itu untuk menandakan bahwa dia sudah mendapatkan daging kurban. Proses ini dibuat agar pembagian daging kurban berlangsung aman dan tertib, tanpa desak-desakan.

"Bagi yang telah mendapatkan daging semoga bermanfaat dan bagi yang tidak mendapatkan daging harap dimaklumi karena kupon dan daging itu terbatas," terang Subandi.

Menurut Subandi, pihaknya akan membagikan sekitar 5.000 kupon daging kurban. Kupon itu dipersiapkan sesuai dengan banyaknya hewan kurban.

Saat ini telah ada 28 ekor sapi dan 37 ekor kambing yang siap dikurbankan. Namun, jumlah tersebut masih akan terus bertambah, diprediksikan menjadi 40 ekor sapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com