Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Akan Revitalisasi Wisata Kota Tua

Kompas.com - 02/11/2012, 19:40 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI berencana akan merevitalisasi wisata Kota Tua di Jakarta Barat.

Rencananya pada 2013 mendatang kawasan Kota Tua akan ditata agar lebih bisa menarik wisatawan.

"Kota Tua itu bagi saya terlalu bernilai, kalau disia-siakan tidak akan ada komunitas yang mengurus. Pengusaha juga tidak mau berinvestasi karena terlalu kumuh," kata Basuki, di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (2/11/2012).

Oleh karena itu, Basuki berencana untuk mengumpulkan semua stakeholder yang memiliki kepentingan di sekitar kawasan tersebut untuk pembahasan Kota Tua lebih dalam lagi. Selain itu, ia juga akan menata Kota Tua menjadi lebih kecil.

"Kawasan Kota Tua itu tidak perlu terlalu luas. Karena hal tersebut juga akan menyulitkan untuk pengelolaannya," kata Basuki.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman mengatakan, Kota Tua memang harus segera direvitalisasi. "Ya saya kira kita semua punya semangat yang sama dan visi yang sama. Pak Wagub meminta ada langkah-langkah cepat untuk Kota Tua agar segera direvitalisasi," kata Arie.

Saat ini, di kawasan tersebut ada lima zona, yakni zona Taman Fatahillah, zona Sunda Kelapa, zona Pekojan, zona Pecinan, dan zona pendukung.

"Kita akan fokus pada dua zona utama yaitu Zona Taman Fatahillah dan Zona Sunda Kelapa," katanya.

Tentunya akan ada banyak hal yang harus dilakukan oleh Pemprov DKI dalam merevitalisasi Wisata Kota Tua.

"Stakeholder enggak cuma di DKI, bangunan gedung swasta juga ada, Kementerian, dan BUMN. Tentunya Pak Wagub meminta dukungan menteri agar bisa mendukung percepatan Kota Tua itu," katanya.

Beberapa hal yang harus diperbaiki di Kota Tua antara lain, kebersihan, keamanan, ketertiban, serta pedagang kaki lima (PKL).

Bahkan berdasarkan rencana Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, Kota Tua merupakan salah satu dari tiga kawasan yang akan dibuat Creative Public Zone. Saat ini luas Kota Tua mencapai 864 kilometer persegi.

"Ini juga baru pertemuan awal, harus mapping juga. Tadi kami baru sekedar brainstorming. Action paling awal tentu dari sisi kebijakan, ya berkirim surat dengan stakeholder Kota Tua," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com