Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekskavator Terbakar di Kelapa Gading

Kompas.com - 13/11/2012, 17:38 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebuah ekskavator atau alat berat pengeruk tanah terbakar di Jalan Boulevard Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Diduga penyebab terbakarnya alat berat tersebut akibat korsleting mesin.

Samsudin (39), seorang saksi yang bekerja di sebuah bengkel yang berada di samping lokasi kejadian, menyatakan alat berat itu terbakar sekitar pukul 15.20.

"Mereka lagi kerja, tahu-tahu air radiatornya nyembur keluar. Langsung kebakar begitu aja. Sopirnya langsung turun. Ini temperatur mesin kayaknya kepanasan," kata Samsudin kepada Kompas.com di lokasi kejadian, Selasa (13/11/2012).

Menurut dia, api sempat membakar alat berat itu. Beruntung tidak ada angin kencang yang bisa menyambar atap bangunan sebuah toko yang berada di samping alat berat tersebut.

"Untung enggak ada angin, tapi ini udah kena dikit atapnya sampe meleleh," ujar Samsudin.

Sopir alat berat tersebut, Yadi Siagian, menyatakan, api tiba-tiba muncul pada bagian belakang mesin ekskavator yang tengah dioperasikan olehnya.

"Lagi kerja, tahu-tahu korslet dari bagian belakang mesin," kata Yadi.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara juga membenarkan penyebab kebakaran itu korsleting mesin. Mereka sempat mengerahkan tiga mobil Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) serta satu mobil DPK pendukung untuk memadamkan api.

Tak lama berselang, api dipadamkan. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Di lokasi kejadian, bagian belakang ekskavator tampak menghitam akibat terbakar. Ruang kemudi juga tampak rusak.

Sementara atap fiber sebuah toko sedikit meleleh terkena panas api. Oli mesin alat berat itu juga tampak tercecer bercampur air menggenangi jalan. Di lokasi itu memang tengah ada pekerjaan pelebaran jalan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com