Kompas.com - 22/11/2012, 13:24 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah permukiman yang tersebar di 10 kelurahan di Jakarta terendam banjir, Kamis (22/11). Banjir itu terjadi umumnya disebabkan oleh luapan Sungai Ciliwung dan Pesanggrahan.

Fahzi, petugas piket Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta, menyebutkan, 10 kelurahan itu meliputi empat kelurahan di Jakarta Timur (Kampung Melayu, Bidara Cina, Cililitan, dan Cawang), lima kelurahan di Jakarta Selatan (Ulujami, Bintaro, Bukitduri, Kebon Baru, dan Pejaten Timur), serta satu kelurahan di Jakarta Barat (Kedoya Selatan).

Banjir yang merendam beberapa kelurahan Jakarta Timur disebabkan luapan air dari Sungai Ciliwung, sementara di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat disebabkan luapan Sungai Pesanggrahan.

Warga yang rumahnya terendam banjir, seperti di Kampung Pulo, Kampung Melayu, umumnya bertahan di rumah mereka masing-masing di lantai dua. Namun, tak sedikit yang harus mengungsi ke masjid terdekat karena rumahnya terendam banjir hingga bagian atap meski itu sudah berlantai dua.

Lurah Kampung Melayu Bambang Pangestu menyebutkan, ada 234 jiwa di Kampung Pulo yang mengungsi di Masjid Attawabin dan Kantor Sudin Kesehatan Jakarta Timur.

Umumnya warga yang mengungsi karena rumahnya terendam banjir hingga bagian atap. "Ada beberapa yang rumah sudah lantai dua, tetapi tetap terendam banjir," kata Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.