Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tak Nyerah Rayu Pemerintah soal MRT

Kompas.com - 05/12/2012, 19:04 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah bertemu Menteri Keuangan Agus Martowardojo terkait proyek Mass Rapid Transit (MRT), Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku juga telah bertemu dengan Menko Perekonomian Hatta Radjasa. Jokowi menyatakan tidak akan menyerah merayu Pemerintah Pusat merenegosiasi perbandingan pengembalian pinjaman ke Japan International Cooperation Agency (JICA).

"Tadi kita sudah melapor ke Pak Menko, ke Pak Hatta sudah melapor," kata Jokowi di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu (5/12/2012).

Untuk menindaklanjuti proyek MRT, Jokowi bersama Menko Perekonomian merencanakan pertemuan dalam jangka waktu dua sampai tiga hari bersama Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, dan lainnya.

"Pokoknya yang berhubungan dengan MRT akan diundang. Supaya bisa segera diputuskan," kata Jokowi.

Jokowi pun belum mau membicarakan apakah MRT itu akan ia bangun layang atau bawah tanah. Ia mengaku harus bertemu dengan Pemerintah Pusat dahulu untuk merenegosiasi dan dapat memutuskan nasib megaproyek tersebut.

Terkait pengembalian pinjaman ke JICA, Pemprov DKI harus menanggung 58 persen pinjaman, sementara Pemerintah Pusat hanya 42 persen. Sementara Jokowi menginginkan Pemprov DKI hanya menanggung 30 persen, sementara sisanya Pemerintah Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com