Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Kereta Jurusan Favorit "Sold Out"

Kompas.com - 20/12/2012, 15:05 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur Natal dan Tahun baru, kereta menjadi transportasi pilihan setelah pesawat. Tiket kereta pun menjadi buruan warga Ibu Kota yang akan liburan.

PT KAI pun telah menyediakan 20.776 tiket untuk libur panjang akhir tahun ini. Namun, tiket tujuan favorit seperti Yogyakarta, Solo, Semarang dan Malang untuk keberangkatan 23 dan 23 Desember telah habis terjual.

"Untuk tanggal 23 dan 24 Desember, tiket tujuan Jogja, Solo, Semarang dan Malang sudah sold karena penumpang kebanyakan memilih berangkat pada tanggal itu," ujar Kepala Humas PT KAI DAOP 1 Mateta Rizalulhaq di Stasiun Gambir, Kamis (20/12/2012).

Menurutnya, untuk liburan tahun ini, tidak ada lonjakan yang signifikan untuk pengguna kereta api. Dia memperkirakan kenaikan penumpang hanya lima persen saja.

Sementara untuk harga tiket, Mateta mengatakan tidak ada kenaikan harga, kecuali untuk keberangkatan di hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Namun Brahmantya, salah seorang penumpang kereta mengatakan, tiket kereta Kamis ini mengalami kenaikan harga. "Saya mau ke Cirebon, ini tiket saya beli seharga Rp 110.000. Padahal. seminggu lalu saya beli harganya Rp.80.000. Saya biasa naik kereta, memang harga tiketnya sering berubah-berubah, enggak tahu kenapa," kata Brahmantya.

Sementara dikatakan Kepala Stasiun Gambir Edi Kuswoyo, untuk liburan tahun ini, PT KAI telah membuat kebijakan agar penumpang kereta disesuaikan dengan jumlah kursi yang tersedia. Hal ini bertujuan untuk menjaga ketertiban dan keamanan penumpang.

"Jadi tidak ada yang berdiri. Sekitar 70 persen penumpang beli tiket dari luar stasiun, seperti dari online dan travel-travel," terang Edi.

Edi mengatakan, di Stasiun Gambir sendiri belum terlihat kenaikan penumpang yang akan berangkat ke beberapa kota. Setiap harinya stasiun ini mengangkut sekitar 7.000 penumpang dari pemberangkatan pagi hingga malam.

Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada tanggal 28 sampai 29 Desember untuk libur Natal, sedangkan untuk tahun baru diperkirakan akan terjadi pada 3 Januari 2013.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com