Kompas.com - 28/12/2012, 13:06 WIB
Penulis Neli Triana
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com — Selain proyek Kanal Banjir Timur dan Kanal Banjir Barat yang sudah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum untuk mengurangi daerah rawan genangan, proyek normalisasi Kali Pesanggrahan, Angke, dan Sunter (PAS) yang sedang berlangsung sampai akhir Desember ini nantinya ditargetkan akan mengurangi 10 titik lokasi rawan genangan.

"Jadi, proyek-proyek kami berjalan dalam kurun waktu berbeda. Ada yang sedang sama-sama berlangsung, ada yang sudah selesai, dan ada yang masih dalam proses perencanaan. Proyek PAS termasuk yang sedang berjalan dan ditargetkan selesai pada 2014 nanti," kata Menteri PU Djoko Kirmanto, Kamis (27/12/2012) kemarin.

Untuk program pembangunan/peningkatan Cengkareng Drain, Sunter Hilir, dan Muara Banjir Kanal Barat yang terangkum dalam program JUFMP/JEDI, direncanakan mulai dilakukan pada tahun 2013 yang tinggal beberapa hari lagi.

Data dari Kementerian PU, program JUFMP/JEDI jika terealisasi dan terselesaikan pada tahun 2016 akan dapat mengurangi lagi 20 lokasi rawan tergenang. Total untuk proyek BKB, BKT, PAS, dan JUFMP/JEDI ditargetkan akan mengurangi daerah rawan genangan hingga 52 lokasi.

"Jakarta memiliki 78 daerah rawan genangan. Sampai akhir 2012, karena yang baru selesai adalah BKB dan BKT, masih ada 56 lokasi genangan," lanjut Djoko.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.