Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selidiki Kecelakaan Jagorawi, Polisi Akan Panggil Saksi Ahli

Kompas.com - 02/01/2013, 16:34 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pihak kepolisian berencana memanggil saksi ahli untuk menganalisis kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Tol Jagorawi Km 3+350 arah Bogor, Selasa (1/1/2013) sekitar pukul 05.45 WIB. Kecelakaan tersebut melibatkan mobil BMW X5 B 272 HR yang dikemudikan Muhammad Rasyid Amrullah (22) dan Daihatsu Luxio yang dikemudikan Frans Joner Sirait (37).

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, pemanggilan saksi ahli ini bertujuan untuk membantu menjelaskan kecelakaan tersebut dari segi teknis. "Saat peristiwa tabrakan terjadi, pintu belakang Luxio terbuka dan menyebabkan penumpang terpental ke luar. Ini yang akan diselidiki, kenapa pintu belakang tersebut bisa sampai terbuka," kata Rikwanto, Selasa (2/1/2013).

Menurut Rikwanto, saksi ahli yang akan dipanggil rencananya akan didatangkan dari PT Astra selaku produsen Daihatsu Luxio dan dari pihak BMW. "Nanti penyidik yang akan memanggil," kata Rikwanto.

Saat kecelakaan tersebut terjadi, kata Rikwanto, Daihatsu Luxio naas tersebut tengah melaju dengan kecepatan 80 km/jam. Sementara BMW melaju dengan kecepatan di atas 100 km/jam. BMW yang dikemudikan Rasyid kemudian menabrak Daihatsu Luxio tersebut dari belakang. Akibat benturan keras tersebut, para penumpang terpental dari dalam mobil melalui pintu belakang yang terbuka, termasuk Harun (57) dan Raihan (14 bulan) yang menjadi korban tewas dalam peristiwa tersebut.

"Kedua korban meninggal dunia akibat kepalanya terbentur pagar pembatas tol," kata Rikwanto.

Rasyid telah ditetapkan sebagai tersangka atas peristiwa kecelakaan tersebut. Ia terancam Pasal 283 Undang-Undang Lalu Lintas Tahun 2009 mengenai berkendara dalam kondisi tertentu dan Pasal 310 mengenai kelalaian yang menyebabkan orang lain meninggal dunia dengan ancaman hukuman penjara di atas 5 tahun.

Namun, akibat mengalami benturan di kepala serta masih dalam keadaan trauma, hingga saat ini, Rasyid masih berada dalam perawatan di rumah sakit yang tidak disebutkan lokasinya.

Berita terkait, baca :

Insiden BMW Maut di Jagorawi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com