Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasyid Tumbang di Pertanyaan Kesembilan

Kompas.com - 07/01/2013, 21:57 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kasubdit Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Sudarmanto membenarkan kondisi M. Rasyid Amrullah Rajasa (22) yang jatuh pingsan saat menjalani pemeriksaan perihal kecelakaan lalu lintas yang dialaminya di Tol Jagorawi Km 3+350, Selasa (1/1/2013) pukul 05.45 WIB.

"Saat memasuki pertanyaan kesembilan, yang bersangkutan mengalami mual dan pingsan hingga dibawa ke RS Polri," ujar Sudarmanto, Senin (7/1/2013).

Sudarmanto juga menjelaskan, ia memiliki surat keterangan medis dari Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), tempat Rasyid sebelumnya dirawat. "Dalam catatan, dijelaskan bahwa keluhan yang dialami pasien masih sering timbul sehingga masih diperlukan evaluasi fisiologis dan psikologis sampai kondisinya normal," jelas Sudarmanto.

Ia pun menyatakan akan datang ke RS Polri sebagai bagian dari administrasi penyidikan. Adapun alasan dibawanya Rasyid ke RS Polri adalah kewenangan dari penyidik. "Apabila status sudah jadi tersangka, sudah jadi kewenangan penyidik merekomendasi tempat perawatan, dalam hal ini yang direkomendasikan adalah RS Polri," kata Sudarmanto.

Ia pun tak menutup kemungkinan pemeriksaan terhadap Rasyid dilakukan di RS Polri. "Kita lihat bagaimana perkembangannya. Kalau dari dokter sudah ada izin, bisa kita lanjutkan pemeriksaan di rumah sakit," kata Sudarmanto.

Rasyid memang sempat menginap di President Suite RSPP karena mengalami trauma akibat kecelakaan yang dialaminya. Menurut tim dokter yang menangani putra Menko Perekonomian Hatta Rajasa ini pun, kondisi Rasyid sebenarnya belum memungkinkan untuk menjalani pemeriksaan hari ini.

Kecelakaan antara BMW X5 B 272 HR yang dikemudikan Rasyid dan Daihatsu Luxio yang dikemudikan Frans Joner Sirait (37) diduga terjadi karena Rasyid mengemudi dalam keadaan mengantuk. Akibatnya, BMW Rasyid menabrak Luxio dari belakang dan mengakibatkan penumpangnya terpental keluar.

Dua orang korban tewas ialah M. Raihan, yang masih berusia balita, serta Harun (57), kakek dua cucu. Tiga penumpang lain mengalami luka dan sempat mendapat perawatan di rumah sakit. Rasyid sendiri sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Selengkapnya, ikuti di topik pilihan:
INSIDEN BMW MAUT DI JAGORAWI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com