Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Rencanakan 'Blusukan' Cek PKL Blok M Sore Ini

Kompas.com - 08/01/2013, 14:07 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo rencananya sore ini akan melakukan aktivitas favoritnya, yaitu 'blusukan'. Blusukannya kali ini adalah untuk mengecek keadaan pedagang kaki lima (PKL) yang berada di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Pemerintah Provinsi DKI di bawah kepemimpinan Jokowi-Basuki memang merencanakan untuk merelokasi PKL ke tempat yang lebih layak.

"Setelah nanti kantong-kantong dan kawasan PKL-nya siap, ya akan coba (relokasi). Jangan sampai merasa ada yang dirugikan," kata Jokowi, di Balaikota Jakarta, Selasa (8/1/2013).

Saat ditanyakan oleh wartawan terkait rencananya blusukan meninjau PKL Blok M, Jokowi hanya bergumam. "He'em...He'em," kata Jokowi.

Sementara itu berdasar info yang dihimpun dari salah seorang ajudan Jokowi, Mantan Wali Kota Solo itu akan blusukan ke Blok M sore ini. Semua PKL di Jakarta akan direlokasi ke tempat yang telah disediakan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Untuk tahap awal, sekitar 15.000 PKL akan dimasukkan ke dalam pasar yang pengelolaannya dilakukan oleh PD Pasar Jaya. Selanjutnya, Pemprov DKI juga tengah mematangkan konsep kerja sama agar para PKL dapat tertampung di mal ataupun gedung-gedung perkantoran.

Agar para PKL itu mau berpindah lokasi, Pemprov DKI akan memberikan sejumlah kemudahan. Mereka yang ditempatkan di pasar atau mal akan dibebaskan dari biaya uang sewa, setidaknya selama enam bulan pertama. Dengan rencana ini, keuntungan yang didapat oleh pengelola mal atau perkantoran adalah mendekatkan PKL sehingga para karyawan atau pegawai mal semakin mudah saat akan mencari makanan di waktu jam istirahat.

Berita terkait, baca :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com