Kompas.com - 15/01/2013, 14:57 WIB
Penulis Harry Susilo
|
EditorRusdi Amral

SURABAYA, KOMPAS.com — Ratusan buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) Jawa Timur kembali berunjuk rasa di depan Gedung Grahadi, Surabaya, Selasa (15/1/2013), menuntut penetapan upah minimum sektoral.

Buruh berkonvoi menggunakan sepeda motor dan truk menuju Grahadi. Setiba di Grahadi, mereka berorasi bergantian mendesak Gubernur Jatim Soekarwo menetapkan upah sektoral di lima daerah ring satu Jatim, yakni Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Mojokerto, Pasuruan, dan Sidoarjo.

Sejak awal tahun ini, sudah empat kali buruh turun ke jalan meminta Soekarwo menetapkan upah sektoral 10 persen-30 persen atau Rp 1.870.000 hingga Rp 2.262.000 untuk sektor kimia, energi, logam, otomotif, elektronik, farmasi, kesehatan, plastik, sandang, kulit, pariwisata, dan industri.

"Jika tidak digubris, kami akan turun dengan massa lebih banyak lagi. Yang jelas kami akan kawal penetapan upah sektoral," kata Jamaludin, salah satu presidium MPBI Jatim.

Menurut Jamal, berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 1 Tahun 1999, besaran upah minimum sektoral minimal 5 persen di atas upah minimum kabupaten/kota (UMK) dan akan berlaku untuk sektor tertentu yang ditentukan berdasarkan klasifikasi lapangan usaha Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.