Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diterjang Hujan, Plafon SDN 20 Kramat Jati Ambruk

Kompas.com - 21/01/2013, 14:41 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat hujan yang terus menerus mengguyur Ibu Kota beberapa waktu lalu, plafon satu kelas di SDN 20 Kramat Jati, Jakarta Timur, ambruk. Beruntung tidak ada korban jiwa atas musibah itu. Kerusakan plafon tersebut pun langsung diperbaiki untuk menunjang kegiatan belajar mengajar para murid.

Kepala Seksi Pendidikan Dasar Kecamatan Kramat Jati Supriyadi mengatakan, musibah tersebut terjadi pada Jumat (18/1/2013) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, saat wilayah Ibu Kota diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Kondisi itu menyebabkan kebocoran di bagian atap hingga air membasahi plafon ruang belajar.

"Eternit terbuat dari gypsum di ruang belajar Kelas 6 yang rubuh. Hanya satu kelas yang rubuh. Kalau dilihat kondisinya basah, itu yang kita duga menjadi penyebabnya," ujar Supriyadi kepada Kompas.com, Senin (21/1/2013).

Pada hari saat plafon itu ambruk, area halaman sekolah serta jalanan di depan sekolah banjir setinggi 30 cm hingga 40 cm. Namun, banjir tidak ikut menggenangi ruangan lokal belajar di sekolah itu karena memiliki ketinggian yang lebih dari jalanan.

Atas kondisi itu, sebanyak 97 siswa di SDN 20 pun diliburkan hingga akses sekolah dapat dilalui. Oleh sebab itu, Supriyadi juga mengklarifikasi bahwa ditiadakannya kegiatan belajar mengajar para murid ke sekolah bukan karena ambruknya plafon di ruangan belajar seluas 7x8 meter itu, melainkan terputusnya akses menuju sekolah sehingga tak bisa dilewati.

"Setelah malam kejadian, paginya kita langsung koordinasi dengan Suku Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Timur dan Sarana dan Prasarana Pendidikan, saat itu juga diperbaiki," terangnya.

Supriyadi menjelaskan, SDN 20 Kramat Jati tersebut sebenarnya sudah direhabilitasi sejak pertengahan Oktober 2012 yang selesai pada Desember 2012. Ambruknya plafon satu kelas di sekolah tersebut pun tidak dibebankan oleh Suku Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Timur, melainkan oleh pemborong rehabilitasi tersebut.

"Karena kan sekarang masuknya masa pemeliharaan, jadi kita instruksikan kepada pemborong untuk segera memperbaikinya," ujarnya.

Kini, perbaikan plafon tersebut telah selesai dilakukan pemborong. Ruangan belajar tersebut juga telah digunakan para siswa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di hari pertama para siswa masuk sekolah usai dihantam banjir beberapa hari sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com