Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Janji Minggu Depan Buka Kalkulasi MRT

Kompas.com - 29/01/2013, 19:45 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah beberapa saat tertunda, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berjanji akan membuka kalkulasi perhitungan mega proyek transportasi massal berbasis rel yaitu Mass Rapid Transit (MRT).

"Minggu depan, saya buka soal MRT," kata Jokowi, di Balaikota Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Jokowi pun mengharapkan minggu depan, sudah tidak ada lagi permasalahan hujan dan banjir yang menghadang Ibu Kota. Sehingga, minggu depan, ia akan fokus untuk membahas proyek MRT.

Adapun beberapa hal yang ingin dibuka Jokowi terkait MRT adalah subsidi tiket yang diberikan Pemprov DKI, jumlah penumpang, konstruksi, termasuk dengan perhitungan persenan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat, yaitu 49:51.

"Ya, semuanya minggu depan. Nanti tak siapkan dulu," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, ia selalu berhati-hati untuk memutuskan MRT karena diperkirakan memakan biaya hingga Rp 15 triliun dengan pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Namun, ia berjanji tak akan berlama-lama untuk memutuskan MRT, karena sudah dikaji sejak lama sampai 26 tahun.

"Kalau saya kan enggak perlu menunggu sampai 26 tahun," katanya.

Jokowi hanya menerima komposisi sharing investment tersebut hanya untuk rute Lebak Bulus-Hotel Indonesia. Sementara untuk rute lainnya, mantan Wali Kota Solo tersebut akan melakukan pembicaraan dari awal kembali.

"Tapi yang ini oke, karena sudah berjalan kami tak mau terlalu lama lagi sudah 26 tahun direncanakan, MRT dan Monorail ini kita putuskan sehari dua hari ini, sekalian biar semuanya jalan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com