Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Deg-degan Uji Coba "Waterway"

Kompas.com - 15/02/2013, 17:11 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akhirnya naik Kapal Karapu di dermaga apung Marunda, Jakarta Utara, Jumat (15/2/2013) sore. Dia mengaku deg-degan.

"Gimana rasanya, ya deg-degan," canda Jokowi saat menguji coba beroperasinya transportasi laut yang mulai beroperasi sejak kemarin.

Untuk sementara, waterway ini baru memiliki dua unit kapal yang akan melayani warga dari Marunda ke Muara Baru sepanjang 11 mil atau selama 30 menit. Kapal yang dilengkapi dengan sistem navigasi digital ini mampu mengangkut 24 penumpang berikut 3 anak buah kapal di setiap perjalanannya.

Jokowi berharap moda transportasi alternatif ini dapat memudahkan warga Muara Baru yang mengalami kesulitan akses transportasi menuju Rusun Marunda. Selain itu, waterway juga ditujukan untuk menekan ketergantungan warga Ibu Kota pada moda transportasi darat sekaligus memberikan variasi dan mengembangkan transportasi massal Ibu Kota.

"Saya pikir sama saja ya, antara transportasi darat dan air. Kita hanya ubah kebiasaannya saja, jalan jadi lebih cepat," ujarnya.

Selama masa percobaan, angkutan ini akan digratiskan untuk semua penumpangnya. Ke depannya dan secara bertahap Pemprov DKI akan menyiapkan empat kapal lagi.

Jokowi tiba di dermaga apung Marunda sekitar pukul 16.00 WIB, dan tiba di dermaga apung Muara Baru sekitar pukul 16.45 WIB. Hadir juga dalam uji coba ini Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono.

"Kita lihat, kalau masyarakat menyambut, kita akan tambah kapal dan rutenya," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com