Kompas.com - 20/03/2013, 11:16 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo selalu ingin mengubah pasar tradisional menjadi modern. Begitu juga dengan Pasar Poncol di Kelurahan Bungur, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, yang akan direvitalisasi tahun ini.

"Tahun ini akan kita bangun biar lebih baik, pedagang biar nyaman dan senang," kata Jokowi saat meninjau lokasi pasar tersebut, Rabu (20/3/2013) siang.

Ke depan, kata Jokowi, Pasar Poncol akan diubah menjadi pasar yang bersih dan tertata baik. Konsepnya seperti pasar tradisional yang menggunakan manajemen pasar modern.

Selama proses pembangunan, Jokowi berniat memindahkan sementara seluruh pedagang. Namun begitu, rencana ini masih terus digodok dan baru akan dilakukan saat hasil kajiannya benar-benar matang.

"Tapi tetap dengan catatan pedagang tidak terbebani. Soal relokasi itu gampang, makanan saya sehari-hari. Kita matangkan (rencananya), pedagang diajak bicara, ini hanya akan diperbaiki, bukan relokasi," ujarnya.

Untuk mewujudkan rencana itu, Jokowi sudah berkeliling di Pasar Poncol. Didampingi Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) DKI Ratna Ningsih, Jokowi menyusuri pedagang perkakas dan elektronik bekas di pasar tersebut.

Dari situ, ia lanjut menilik lapak penjual pakaian bekas. Dia juga sempat masuk sampai ke belakang, ke tempat para penjual sayuran menjajakan dagangannya. Setelah sempat berdialog sebentar, ia lalu pergi meninggalkan Pasar Poncol dan kembali ke Balaikota Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.