Kompas.com - 20/05/2013, 13:53 WIB
Penulis Norma Gesita
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — PMI pernah memberikan dua perahu karet kepada warga Kampung Pulo, Jakarta Timur, yang menjadi langganan banjir. Di saat banjir seperti ini, perahu tersebut sangat berguna untuk evakuasi dan transportasi warga.

Namun, warga hanya bisa memanfaatkan satu perahu kayu yang juga merupakan pemberian PMI. Perahu karet tak bisa digunakan karena kempes akibat dijadikan mainan anak-anak.

"Perahu karet yang kuning udah rusak dimainin anak-anak. Sekarang tinggal perahu kayu saja," tutur Muhammad Nurdin (50), salah seorang warga di RT 04 RW 03, Kampung Pulo, saat ditemui Kompas.com di depan rumahnya yang terendam banjir, Senin (20/5/2013).

Kondisi perahu kayu itu juga sudah tidak terlalu baik, dan tidak seaman perahu karet. Namun, keadaan yang mendesak membuat warga terpaksa menggunakan perahu tersebut untuk beraktivitas. Perahu kayu itu juga tidak bisa dibawa jauh dari RT 03 dan RT 04 karena terhalang tiang listrik dan sempitnya jarak antargang.

Banjir yang terjadi di Kampung Pulo adalah banjir kiriman dari Depok, Bogor, dan sekitarnya yang menyebabkan meluapnya Kali Ciliwung. Sejak pukul 03.00, Senin dini hari, air mulai meninggi sampai pukul 08.00 dengan ketinggian antara 30 cm - 200 cm.

Selama bulan Mei, sudah enam kali banjir menggenangi kawasan permukiman Kampung Pulo. Warga Kampung Pulo yang sudah terbiasa dengan banjir, tak ada yang mengungsi dari rumahnya.

"Belum ada yang ngungsi. Semuanya rumah tingkat, jadi tetap tinggal di rumah saja," terang Nurdin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lurah Kampung Melayu Bambang Pangestu mengatakan, terdapat 952 kepala keluarga yang berada di tujuh RW dan 36 RT yang terendam banjir. "Hanya RT 06 yang tidak banjir," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.