Mengapa Jakarta Timur Menjadi Wilayah Terbersih di Ibu Kota?

Kompas.com - 11/06/2013, 11:19 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta Timur meraih Piala Adipura untuk kategori kota metropolitan, yakni urutan keenam nasional. Lalu, apa yang sudah dilakukan kota yang paling padat di Ibu Kota ini sehingga bisa mengalahkan Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat yang berada di urutan 7 dan 8 tingkat nasional ini?

Ada beberapa indikasi yang menjadi ukuran tim penilai Piala Adipura, yakni penghijauan di sejumlah titik di wilayah tersebut, penataan uang terbuka, dan tingkat pencemaran udara. Menurut Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin, Jakarta Timur lebih lebih sedikit tingkat pencemaran udaranya dibanding wilayah lain di Jakarta.

"Dan yang lebih penting, aktivitas pemilahan dan pengolahan sampah mulai terlihat. Partisipasi masyarakat di sejumlah ruang publik mulai ada," kata Unu Nurdin di Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Meski begitu, Unu juga mendukung ucapan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bahwa masih banyak tempat di Ibu Kota yang masih kotor. Selain itu, penghargaan Adipura bukan menjadi tujuan, melainkan hanya buah saja. Sebab, menjaga kebersihan memang untuk lingkungan yang lebih nyaman.

"Kerja keras ini bukan untuk mendapatkan penghargaan, kami kerja untuk masyarakat. Kami akan terus menata dan membersihkan lingkungan yang belum sehat," tutur Nurdin.

Untuk Piala Adipura, tiga wilayah di Provinsi DKI Jakarta menerima penghargaan untuk kategori kota metropolitan yaitu Jakarta Timur (urutan 6 nasional), Jakarta Selatan (urutan 7 nasional) dan Jakarta Pusat (urutan 8 nasional). Sedangkan untuk Sertifikat Adipura diraih Jakarta Barat. Sementara Plakat Adipura diraih Jakarta Pusat untuk lokasi terbaik kategori taman kota dan Provinsi DKI Jakarta untuk kategori Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.