Basuki: Tak Setor Rp 15 Juta, Pedagang Kerak Telor Tak Dapat Tempat di PRJ

Kompas.com - 14/06/2013, 15:23 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kembali angkat bicara terkait Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang diselenggarakan oleh PT Jakarta International Expo (PT JIExpo). Menurut dia, para pedagang kerak telor yang ingin mendapat tempat dagang di dalam arena PRJ Kemayoran diharuskan menyetor sejumlah uang kepada pihak penyelenggara.

"Kamu misalnya punya produk, kerak telor saja, kalau tidak menyetor Rp 15 juga hingga 20 juta, mungkin tidak dapat tempat dagang di sana. Artinya kan ini jadi masalah," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, kata dia, tidak berkeinginan untuk meminta keuntungan dari PT JIExpo. Ia menginginkan agar pihak penyelenggara dapat menampung usaha kecil menengah (UKM) dan dengan biaya sewa yang terjangkau.

Dari pemikiran itulah, Pemprov DKI berencana membuat sebuah pesta rakyat yang dapat menampung semua UKM Ibu Kota. Pemprov DKI pun berupaya mencari lokasi yang pas untuk dapat menampung para pengusaha mikro menengah ke bawah tersebut.

Oleh karena itu, Monumen Nasional (Monas) mau disulap DKI sebagai ikon pameran produk UKM Jakarta. Tahun ini, DKI berencana membangun lahan parkir dan ruang pameran di bawah tanah Monas. Kawasan tersebut akan menyambung sampai Stasiun Gambir.

"Jadi, Anda yang dari pegawai biasa, terus jadi berpengalaman, kemudian naik pangkat lagi menjadi pengusaha yang berhasil. Semua ini tidak akan mungkin terjadi kalau tidak difasilitasi pemerintah," kata Basuki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.