1,4 Juta Blanko E-KTP Warga DKI Masih Berada di Kemendagri

Kompas.com - 05/07/2015, 16:40 WIB
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Ilustrasi: e-KTP yang telah selesai dicetak.
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih menunggu 1,4 juta blanko pembuatan e-KTP bagi warga ibu kota dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) DKI Jakarta Edison Sianturi mengatakan, kebutuhan blanko e-KTP bagi warga ibu kota sangat mendesak.

Edison mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama meminta agar penghuni rumah susun sederhana sewa (rusunawa) dibuatkan KTP DKI sesuai domisili dan lain-lain. 

"Tapi blankonya belum ada, belum datang dari Kemendagri, terlambat. Ini masih kurang 1,4 juta blanko lagi, kami cuma disuruh sabar," kata Edison, saat dihubungi, Minggu (5/7/2015). 

Lebih lanjut, Basuki mengakui adanya keterlambatan pengurusan e-KTP dari Kemendagri. Padahal, menurut dia, nantinya tanda pengenal itu bisa berfungsi untuk deteksi penghuni liar di rusunawa, pencurian, serta pelanggar jalur transjakarta.


"Kalau misalnya nih ada CCTV kita, terus menyorot muka kamu, langsung kebaca tuh kamu siapa tinggal dimana, lahirnya dimana, data yang ada di e-KTP," ujar Basuki. 

Kemendagri sebelumnya memastikan membatalkan penghentian program pembuatan e-KTP. Warga yang ingin mengganti KTP non-elektronik menjadi e-KTP masih bisa dilakukan di kantor Pemerintah Provinsi, Kota, atau Kabupaten tanpa dipungut biaya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


EditorHindra Liauw
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X