Komplotan Pencuri Bisa Gasak dan Jual 3 Motor Sehari

Kompas.com - 22/02/2019, 21:19 WIB
Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Ady Wibowo saat memegang barang bukti kasus pencurian kendaraan bermotor, Jumat (22/2/2019) KOMPAS.com/Ryana AryaditaKapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Ady Wibowo saat memegang barang bukti kasus pencurian kendaraan bermotor, Jumat (22/2/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Polres Metro Jakarta Timur mengamankan seorang pria bernama Parizal Liansyah (38) yang kerap melakukan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di kawasan Jakarta Timur. Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Ady Wibowo mengatakan, dalam sehari Parizal bersama tiga orang temannya yang kini masih buron bisa menggasak dan menjual tiga sepeda motor.

"Jadi kelompok ini memang pemain lama. Melakukan kejahatannya berkali-kali. Sehari bisa melakukan pencurian motor 3 sampai 4 kali," kata Ady di Polres Metro Jakarta Timur, Jumat (22/2/2019).

Para tersangka pelaku cukup sering mengincar kos-kosan yang sepi pada siang hari di saat banyak penghuninya sedang beraktivitas.

Baca juga: 2 Pencuri Sepeda Motor Bersenjata Api Dibekuk Warga di Bekasi


Saat diinterogasi, Parizal mengatakan sepeda motor berbagai merek yang dicuri ia dijual seharga Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

"Motor-motornya kami jual ke Lampung. Satu unit dijual Rp 1,5 juta. Keuntungannya dibagi 4 empat orang," kata Parizal kepada.

Dalam melakukan aksinya, 4 anggota komplotan itu membekali dirinya dengan senjata api (senpi) rakitan berjenis revolver beserta 4 peluru berkaliber 38 MM.

Selain itu, terdapat pula kunci letter T dan magnet yang digunakan untuk membobol motor.

"Senpinya enggak pernah saya pakai, cuma untuk menakut-nakuti korban saja," kata dia. 

Tersangka kini dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan hukuman penjara paling lama lima tahun.

Parizal Liansyah (38) ditangkap saat melakukan aksinya di kos-kosan di Jalan Masjid Al Wustho, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, 5 Februari 2019 bersama 3 temannya yang kini masih buron.

Mereka menggunakan modus dengan berpura-pura menanyakan ketersediaan kamar kos.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X