Menkes Imbau Sopir Kendaraan Angkutan Lebaran Berisitirahat Tiap 4 Jam

Kompas.com - 26/05/2019, 12:19 WIB
Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Meteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat KOMPAS.com/JIMMY RAMADHAN AZHARIMenteri Kesehatan Nila Moeloek dan Meteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan, Nila Moeloek menganjurkan agar pengendara kendaraan umum armada mudik lebaran beristirahat setiap empat jam sekali untuk menjaga konsentrasi saat berkendara.

"Mereka (pengendara) kami anjurkan untuk tiap empat jam melakukan istirahat dan kita menyediakan pos-pos kesehatan di daerah-daerah rest area," kata Nila di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat pada Minggu (26/5/2019).

Baca juga: Ribuan Orang Mudik Gratis Menggunakan Kapal

Selain itu, ia turut mengimbau agar para pengendara tidak mengonsumsi obat-obatan yang memberikan efek kantuk, sehingga bisa terus terjaga saat mengendarai dan sampai tujuan dengan selamat.


Kepada para pemudik pengguna angkutan Umum, Nilla juga berpesan agar berhati-hati dalam mengonsumsi makanan selama di perjalanan menuju kampung halaman.

Namun, apabila terjadi sesuatu yang tak diinginkan, pihaknya mengaku sudah menyiagakan tenaga-tenaga kesehatan di seluruh rest area, Puskesmas, dan Rumah Sakit yang akan buka selama 24 jam selama jadwal mudik lebaran.

Baca juga: Arus Mudik, Ruas Tol Singosari-Pakis Dibuka Secara Fungsional

Total ada 6.047 posko kesehatan yang disiagakan Kementrian Kesehatan selama proses mudik lebaran berlangsung.

"Jadi memang pelayanan kesehatan tentu kita perhatikan terutama untuk para pengemudi, tetapi juga untuk para penimpang kami meminta betul untuk berhati-hati" ucapnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X