Proyek di Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan selama Arus Lebaran 2019

Kompas.com - 26/05/2019, 21:01 WIB
Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.Hilda B Alexander/Kompas.com Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekerjaan proyek di ruas tol Jakarta-Cikampek dihentikan sementara mulai hari ini, Minggu (26/5/2019) pukul 00.00 WIB untuk mengurangi kepadatan lalu lintas jelang periode arus mudik dan balik Lebaran 2019. Penghentian sementara pekerjaan proyek ini bakal berlangsung sampai 15 Juni 2019 pukul 24.00 mendatang.        2

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Refdi Andri dalam kunjungannya pada hari ini.

“Saya hari ini melihat bahwa proyek-proyek pembangunan yang ada di sepanjang jalan tol Jakarta-Cikampek sudah berhenti, hal ini tentunya akan bermanfaat untuk pengguna jalan yang mau mudik dan balik,” ujar Refdi dalam keterangan tertulis PT Jasa Marga yang diterima Kompas.com, Minggu (26/5/2019) sore.

Baca juga: Gerbang Tol Karang Tengah Barat 1 Direlokasi dan Tambah Gardu

Selaras dengan Refdi, Direktur Operasi PT Jasa Marga Subakti Syukur menilai, pekerjaan proyek di jalan tol yang dihentikan akan berdampak positif menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2018 karena kapasitas lajur jalan tol dapat bertambah.

“Salah satu contohnya adalah tol Jakarta-Cikampek Elevated, di mana area yang sebelumnya digunakan sebagai area kerja kini dengan menggeser pagar-pagar pembatas proyek, area tersebut dapat digunakan sebagai lajur bagi pengguna jalan, sehingga akan lebih lancar,” jelas Subakti dalam naskah yang sama.

Penghentian pekerjaan proyek di jalan tol tidak hanya dilakukan di ruas tol Jakarta-Cikampek semata. PT Jasa Marga juga melakukan langkah yang sama di seluruh ruas jalan tol yang berada di bawah naungannya.

Baca juga: Arus Mudik, Ruas Tol Singosari-Pakis Dibuka Secara Fungsional

Penghentian sementara seluruh proyek tersebut merupakan tindak lanjut atas surat Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) No. BM.08-P/219 tanggal 22 Mei 2019 tentang Penghentian Sementara Pekerjaan Konstruksi di Jalan Tol dalam Rangka Menghadapi Arus Mudik/Balik Lebaran Tahun 2019/1440 H.

Di samping penghentian proyek, beberapa lajur yang rusak bakal segera diperbaiki. Pihak Jasa Marga juga berencana mengurangi atau menutup area proyek untuk menghindari kendaraan-kendaraan yang memaksa berhenti di area proyek.

Pengecatan ulang marka jalan dan penambahan rambu himbauan, termasuk pemenuhan lampu di pagar proyek juga akan dirampungkan dalam waktu dekat.




Close Ads X