Pengunjung Kini Boleh Masuk Area Check-In Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 13/12/2019, 14:00 WIB
Antrian Check-in Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (10/12/2019). KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONOAntrian Check-in Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (10/12/2019).
|

TANGERANG, KOMPAS.com  Pengunjung kini diperbolehkan masuk ke area check-in Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Banten.

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang, mengatakan, kebijakan tersebut diambil dalam rangka efektivitas Program Keamanan Bandara.

"Mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 80 Tahun 2017 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional," kata dia kepada Kompas.com, Jumat (13/12/2019).

Febri mengatakan, Daerah Keamanan Bandar Udara dari Daerah Keamanan Terbatas (Security Restricted Area) yang sebelumnya berstatus terbatas menjadi Daerah Sisi Darat (Landside Area) yang bisa dimasuki pengunjung.

Aturan baru tersebut sudah diterapkan di Terminal 2D dan 2E.

Mulai Jumat ini, setiap pengunjung, pengantar penumpang, atau pengguna jasa lainnya boleh memasuki area check-in setelah melewati pemeriksaan keamanan pintu masuk gedung terminal (pre-screening) di Gate 2, Gate 3, dan Gate 4.

"Pre-screening tersebut dilakukan agar tetap menjamin keamanan semua orang yang berada di dalam gedung terminal meski telah ditetapkan sebagai daerah publik," jelas dia.

Sebelumnya, yang diperbolehkan masuk ke area tersebut adalah penumpang yang memiliki dokumen angkutan udara (tiket penerbangan) dan karyawan yang memiliki pas bandar udara.

Sedangkan bagi pengunjung dan pengantar penumpang hanya diizinkan berada di lobi terminal atau di luar area check-in.

Febri menjelaskan, konsep tersebut sebetulnya sudah diterapkan di area Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Setiap pengunjung dan pengantar penumpang dapat masuk ke area check-in dengan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan keamanan terhadap barang bawaannya pada saat memasuki gedung terminal.

Febri mengatakan, tak hanya sampai di area check-in, pengunjung dan pengantar penumpang juga diperbolehkan untuk berbelanja atau sekadar makan di tenant yang ada di area Shopping Arcade.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X