Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karnaval, Sudirman-Thamrin Malam Ini Ditutup

Kompas.com - 05/07/2008, 07:35 WIB

JAKARTA, SABTU - Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Provinsi DKI Jakarta menggelar karnaval mobil hias Jakarnaval, Sabtu (5/7). Selama Kar­naval—diikuti 22 mobil hias dan menampilkan ra­tusan seniman tari tradisional serta pantomim—Jalan Thamrin-Sudirman ditutup.

”Seperti tahun lalu, Ja­kar­naval akan berlangsung pukul 19.00-21.00,” ujar Ketua Pa­nitia Jakarnaval 2008 Nyo­man Wedhana kepada Warta Kota, Jumat (4/7).

Peserta mobil hias tahun ini berasal dari lima kota administrasi dan kabupaten, kantor-kantor biro, dinas di lingkung­an Pemprov DKI, serta per­usa­haan daerah. Karnaval juga diramaikan penampilan para se­niman egrang, tanjidor, ma­ra­wis, reog ponorogo, dan ondel-ondel. ”Mereka akan ikut pawai dengan berjalan kaki wa­lau­pun tidak sepanjang rute karnaval,” ujar Nyoman.

Jakarnaval kali ini untuk yang ke-10 kali sejak pertama kali digelar tahun 1998. Setiap tahun, Ja­kar­na­val selalu menampilkan pertunjukan yang berbeda-beda. ”Kali ini kita mendapat partisipasi dari beberapa negara sahabat, di antaranya Korea, Fi­lipina, India, dan Pakistan,” katanya.

Perwakilan dari kedutaan negara sahabat tidak mem­buat mobil hias, tetapi me­nampi­l­kan pakaian tradisional dari masing-masing nega­ra. ”Para peserta dari keduta­an negara sahabat akan diikutsertakan dalam kereta wisata yang selama ini ada di Monas,” ujarnya.

Jakarnaval juga diramaikan oleh penampilan lima pemain pantomim yang berpakaian khu­­sus. Mereka akan me­mai­n­kan gerakan-gerakan khas yang dipastikan menarik perhatian warga. ”Sekitar 50 orang dari Bike to Work juga akan ikut serta,” tuturnya.

Juga ada pertunjukan kembang api yang akan dinyalakan selama 4-5 menit di sekitar Bun­daran Patung Kuda di Jalan MH Thamrin-Jalan Me­dan Merdeka Barat. Rute Jakarnaval yakni dari Jalan Me­dan Merdeka Selatan, Bun­dar­an Patung Kuda, Jalan MH Thamrin, Bundaran Hotel In­donesia, Jalan Jenderal Su­dir­man, dan berakhir di sekitar Se­manggi. Selama karnaval berlangsung sebagian ruas Ja­lan MA Thamrin dan Jalan Jen­­deral Sudirman ditutup untuk kendaraan bermotor, kecuali bus Transjakarta. (dra)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com