Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Mencuri, Karyawati Dipaksa Menjilat Ludah Atasan

Kompas.com - 10/11/2009, 15:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mendung menggelayut di langit kota Jakarta. Cuaca tersebut sama seperti perasaan 20 wanita yang bekerja di SJ, sebuah perusahaan yang menjual aneka produk bagi pria dan wanita. Perasaan tertekan dan luka lebam juga masih terlihat di wajah mereka.

Hal tersebut disebabkan bekas penganiayaan yang dilakukan oleh RA, sang pemilik perusahaan. "Kami semua baru saja mendapatkan penganiayaan," kata Peni Purwaningsih (29), salah seorang korban, saat ditemui di kantor Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM, Jakarta Pusat, Selasa (10/11).

Kejadian tersebut bermula saat Peni dan Anita (30) mengadukan Rita Setya Rini, SPV cabang Fatmawati, dengan tuduhan penggelapan barang-barang. Sejak lama para karyawan mencurigai Rita sering menjual barang tanpa menuliskannya dalam daftar jual-beli barang dan mengambil uang transaksi tersebut.

Mendengar pengaduan tersebut, RA segera memanggil Rita untuk dimintai keterangan. Namun, entah bagaimana, justru Peni dan Anita yang akhirnya dituduh melakukan pencurian dan penggelapan barang.

Sabtu (7/11), Peni dan Anita dipanggil dan dipaksa untuk mengaku melakukan penggelapan. Tak merasa melakukan tuduhan tersebut, keduanya pun menolak. Merasa tersinggung dengan tindakan itu. RA pun memaki keduanya.

Tak berhenti di situ saja. Selama 12 jam disekap, Anita dan Peni pun disiksa. Tamparan dan jambakan diterima mereka tanpa mampu melawan.

Belum puas dengan tindakannya itu, RA memaksa Peni dan Anita minum air yang berasal dari toilet. Penyiksaan terus berlanjut. RA memaksa Anita untuk merangkak dan menjilat ludahnya.

Peni mengatakan, saat melakukan penyiksaan itu, RA dibantu oleh Kadut, pria yang sehari-harinya bekerja sebagai pemasang poster.

Awalnya, RA mengatakan bahwa Kadut adalah seorang perwira polisi. Selain itu, RA juga membawa seorang pria bernama Iwan, yang dikatakannya sebagai intel kepolisian. "Pria yang dibilang intel itu menakut-nakuti kita dengan pasal-pasal yang katanya kita langgar," kata dia.

Setelah puas menyiksa, RA melepaskan keduanya setelah sebelumnya Peni dan Anita dipaksa menandatangani surat pengunduran diri yang salah satu poinnya berisi bahwa keduanya telah mengaku melakukan semua hal yang dituduhkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com