Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Kecam Kampanye Berbau SARA

Kompas.com - 30/07/2012, 07:36 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kampanye bernada SARA mulai marak dilakukan di jejaring sosial internet. Kampanye itu menyudutkan kandidat Jokowi-Ahok yang memiliki latar belakang agama yang berbeda.

Menanggapi hal ini, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, menyatakan dirinya mengecam segala bentuk kampanye bernada SARA tersebut.

"Saya kecam pengunaan isu ini oleh siapa puin tanpa terkecuali karena dasar negara ini Pancasila, wajib dihormati seluruh warga negara," ungkap Fauzi, Minggu (29/7/2012), di sela-sela kunjungan ke posko pengungsian korban kebakaran di kelurahan Pekojan, Jakarta.

Foke, sapaan akrab Fauzi, menambahkan orang-orang yang berpikiran rasis seharusnya sama sekali tidak diberikan ruang. "Tidak ada tempat bagi mereka yang seperti itu," tambah Foke.

Saat ditanya jika ada tim suksesnya yang menggunakan isu SARA, Foke mengaku bahwa larangan penggunaan isu SARA harus dipahami semua pihak. "Siapa pun itu orangnya, tidak boleh melakukan kampanye SARA," pungkas Foke.

Penggunaan kampanye SARA mulai banyak dilakukan menjelang pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Yang kerap menjadi korbannya adalah kandidat Jokowi-Ahok.

Pasalnya, di dalam kampanye SARA itu, banyak tudingan diarahkan kepada Ahok yang berketurunan Tiong Hoa dan beragama Kristen ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com