Jumat, 25 April 2014

News / Megapolitan

Buruh Demo, Hindari Kawasan Ini

Kamis, 5 September 2013 | 12:03 WIB
ANGGA BHAGYA NUGRAHA Ilustrasi demo buruh


JAKARTA, KOMPAS.com — Ribuan buruh akan menggelar aksi unjuk rasa di Jakarta pada Kamis (5/9/2013) ini. Sejumlah tempat diperkirakan akan menjadi lokasi demo, yaitu Bundaran HI, Istana Negara, Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Kantor Jamsostek.

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Komisaris Besar Muhammad Chairul Noor Alamsyah mengimbau kepada pengendara menghindari kawasan Jalan Sudirman-Thamrin dan kawasan Monas pada siang ini, serta Jalan HR Rasuna Said dan Jalan Gatot Subroto jelang sore nanti.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, ribuan aparat akan dikerahkan. "Sebanyak 11.000 personel aparat gabungan dari Polri dan TNI akan diturunkan untuk menjaga jalan aksi unjuk rasa tersebut," kata Chairul melalui pesan singkatnya, Kamis (5/9/2013).

Saat ini, kata Chairul, pasukan sudah melakukan penjagaan di beberapa tempat seperti Bundaran HI dan kawasan Monas. Selain itu, pasukan juga menjaga beberapa titik di Jakarta dan pintu tol, beberapa kawasan industri seperti kawasan industri Pulo Gadung, dan MM 2100 di kawasan industri Cakung.

"Pintu masuk tol yang menuju ke Ibu Kota, seperti di Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur, juga dijaga oleh anggota," ujarnya.

Puluhan ribu pendemo dari berbagai elemen buruh akan berunjuk rasa menuntut agar semua pekerja outsourcing di Jamsostek dan badan usaha milik negara (BUMN) menjadi pekerja tetap, dan menuntut kenaikan upah minimum 50 persen dari upah minimum provinsi (UMP) Jakarta yakni sebesar Rp 3,7 Juta.


Penulis: Alsadad Rudi
Editor : Eko Hendrawan Sofyan