Waduk Setiabudi Timur dan Barat Akan Dibangun "Park and Ride" - Kompas.com

Waduk Setiabudi Timur dan Barat Akan Dibangun "Park and Ride"

Jessi Carina
Kompas.com - 06/07/2017, 13:31 WIB
KOMPAS.com/NURSITA SARI Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (3/7/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Waduk Setiabudi Barat dan Timur akan segera direvitalisasi. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan akan dibangun park and ride di kawasan itu.

"Di situ adalah daerah yang sangat sibuk karena dekat dengan Dukuh Atas, maka kita fokuskan juga untuk membangun park and ride yang terhubung dengan beberapa kawasan strategis yang ada di Dukuh Atas," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (6/7/2017).

Revitalisasi waduk tersebut akan menggunakan dana KLB pengembang. Djarot mengatakan adanya park and ride di kawasan itu akan menunjang moda transportasi umum yang akan berkembang di kawasan itu beberapa tahun mendatang.

Baca: Diperluas Sejak Jokowi, Pembebasan Lahan Waduk Brigif Belum Tuntas

Misalnya seperti mass rapid transit (MRT),(LRT), dan juga bus Transjakarta dan commuter line yang sudah lebih dulu ada.

"Saya berpikir 5-10 tahun yang akan datang daerah itu sangat sibuk. Kita ingin di kawasan yang sangat sibuk itu tidak ada lagi kendaraan parkir di jalan, tapi masuk semua di tempat parkir. Mereka yang mau naik MRT, LRT, Transjakarta, kereta bandara, tidak boleh parkir di pinggir jalan," ujar Djarot.

Djarot berharap proses revitalisasi bisa dimulai bulan depan. Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengatakan nantinya park and ride bisa menampung sekitar 300 kendaraan roda dua atau 250 kendaraan roda empat.

Selain itu, revitalisasi yang dilakukan bukan hanya membangun park and ride. Nantinya, fungsi waduk sebagai pengendali banjir akan dioptimalkan. Selain itu, waduk itu juga akan dibuat water treatment seperti penjernihan air limbah.

"Selain itu untuk sumber wisata air juga," ujar Teguh.

Kompas TV Waduk Bening yang terletak di jalan utama antar provinsi ini menyuguhkan suasana sejuk dan dan asri.

PenulisJessi Carina
EditorDian Maharani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM