Simpang Susun Semanggi Akan Dipercantik Lampu LED Warna-warni - Kompas.com

Simpang Susun Semanggi Akan Dipercantik Lampu LED Warna-warni

Nursita Sari
Kompas.com - 14/07/2017, 12:49 WIB
Kondisi terkini dari proyek simpang susun Semanggi. Terlihat dua jalan layang (flyover) melingkar yang tengah dibangun kini sudah sepenuhnya jadi.Dinas Bina Marga DKI Jakarta Kondisi terkini dari proyek simpang susun Semanggi. Terlihat dua jalan layang (flyover) melingkar yang tengah dibangun kini sudah sepenuhnya jadi.


JAKARTA, KOMPAS.com -
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, pencahayaan di simpang susun Semanggi akan menggunakan lampu LED berwarna-warni.

Lampu-lampu LED itu akan mengeluarkan cahaya warna-warni karena diatur sebuah program.

"(Pencahayaannya) melalui LED gitu ya dan itu bisa diprogram sehingga kami bisa menampilkan warna pencahayaan yang bervariasi, warna-warni di situ," ujar Djarot, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (14/7/2017).

Menurut Djarot, pencahayaan di simpang susun Semanggi tidak menggunakan tiang-tiang tinggi karena LED dipasang dan ditembakkan dari bawah.

Djarot menuturkan, konsep pencahayaan menggunakan LED warna-warni bertujuan untuk memberikan keindahan di simpang susun Semanggi.

"Kami menginginkan bukan hanya kekuatannya saja, tapi ornamen-ornamen yang memperindah, mempercantik simpang susun Semanggi itu juga bisa dicek, terutama dari sisi lighting," ucap Djarot.

Komisi Pengujian Terowongan dan Jalan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan uji coba di simpang susun Semanggi, Kamis (13/7/2017).

Uji statis dan dinamis dilakukan dengan menjalankan truk bermuatan berat mengelilingi simpang susun tersebut.

"Saat dievaluasi dengan muatan berat tadi lancar jalannya, aman dilalui," kata Deputi General Manager Superintendent proyek simpang susun Semanggi dari Wijaya Karya, Dani Widiatmoko, Kamis malam.

(baca: Simpang Susun Semanggi Diuji Coba dengan Truk Bermuatan Berat)

Dani mengatakan, meski bentang simpang susun itu berkelok dan menanjak di atas jembatan yang cukup tinggi, kendaraan dijamin akan melintas masih dalam batas aman. Bidang jalan dipastikan sudah mulus dan tidak berbahaya ketika dilintasi kendaraan.

Usai uji coba tersebut, PT Wijaya Karya dan Pemprov DKI Jakarta tinggal menunggu sertifikat laik fungsi (SLF) diterbitkan Kementerian PUPR. Simpang susun Semanggi rencananya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus 2017 atau bertepatan dengan hari ulang tahun ke-72 Indonesia.

Kompas TV Simpang Susun Semanggi Diresmikan 17 Agustus

PenulisNursita Sari
EditorIndra Akuntono
Komentar