Jalan Sempit, Bus Transjakarta Koridor 13 Terjebak Macet di Halte Adam Malik - Kompas.com

Jalan Sempit, Bus Transjakarta Koridor 13 Terjebak Macet di Halte Adam Malik

Andri Donnal Putera
Kompas.com - 13/08/2017, 21:26 WIB
Suasana di Jalan Raya Ciledug, dekat Halte Adam Malik, Jakarta Selatan, Minggu (13/8/2017) petang. Ruas jalan yang dilintasi bus transjakarta Koridor 13 (Tendean-Ciledug) ini cukup padat karena bercampur dengan kendaraan umum lainnya.KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Suasana di Jalan Raya Ciledug, dekat Halte Adam Malik, Jakarta Selatan, Minggu (13/8/2017) petang. Ruas jalan yang dilintasi bus transjakarta Koridor 13 (Tendean-Ciledug) ini cukup padat karena bercampur dengan kendaraan umum lainnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Armada bus transjakarta yang melayani Koridor 13 rute Tendean-Ciledug tidak dapat berhenti terlalu lama menunggu penumpang ketika sampai di Halte Adam Malik.

Halte Adam Malik merupakan salah satu halte yang berada di luar jalan layang rute Koridor 13, dengan kondisi jalan yang tidak terlalu lebar dan harus berbagi ruang dengan kendaraan lain.

"Kami sifatnya kondisional saja. Kalau misalkan dari sini kelihatan ada penumpang yang mau naik, bus kami tahan sebentar, habis itu langsung jalan," kata salah satu petugas layanan Halte Adam Malik, Farhan, kepada Kompas.com pada Minggu (13/8/2017) petang.

Menurut Farhan, bus transjakarta Koridor 13 memang akan tersendat ketika memasuki Halte Adam Malik setelah menuruni jalan layang.

Baca: Ikut Uji Coba Bus Transjakarta Koridor 13, Penumpang Mengaku Puas

Bus yang sudah menurunkan penumpang di Halte Adam Malik harus menuju Perumahan Puri Beta II terlebih dahulu dengan kondisi macet untuk memutar dan kembali ke Halte Adam Malik sebelum menaiki jalan layang lagi menuju Tendean.

"Sudah pasti kena macet kalau lewat sini. Malahan, kata penumpang tadi, bus dari sini mutar ke Puri Beta itu 15 menit, sampai ke halte ini lagi bisa sampai setengah jam. Padahal ke Tendean lewat jalan layang cuma belasan menit," tutur Farhan.

Adapun pada hari ini, PT Transjakarta melaksanakan uji coba layanan Koridor 13 dengan mengangkut penumpang. Layanan bus ini akan mulai beroperasi pada Senin (14/8/2017) esok, mulai dari pukul 05.00 hingga pukul 19.00 WIB.

Baca: Hari Ini, Penumpang Gratis Naik Bus Transjakarta Koridor 13

Kompas TV Bagaimana suasana operasional Transjakarta koridor 13?

PenulisAndri Donnal Putera
EditorDian Maharani
Komentar