Hari Ini, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Resmi Beroperasi - Kompas.com

Hari Ini, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Resmi Beroperasi

Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 17/09/2017, 06:22 WIB
Sebuah skytrain yang mengangkut penumpang saat uji coba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (15/9/2017). Kereta layang tanpa awak ini akan resmi beroperasi pada Minggu (17/9/2017), dan untuk sementara akan melayani penumpang dari Terminal 2 menuju Terminal 3 dan sebaliknya.ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL Sebuah skytrain yang mengangkut penumpang saat uji coba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (15/9/2017). Kereta layang tanpa awak ini akan resmi beroperasi pada Minggu (17/9/2017), dan untuk sementara akan melayani penumpang dari Terminal 2 menuju Terminal 3 dan sebaliknya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Skytrain atau layanan kereta antar terminal Bandara Soekarno-Hatta akan resmi beroperasi mulai hari ini, Minggu (17/9/2017).

Rencananya, peresmian skytrain tersebut akan dilakukan di shelter skytrain Terminal 3 Bandara.

Peresmian fasilitas baru di bandara tersebut juga rencananya akan dihadiri oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Setelah resmi beroperasi, skytrain bandara tidak langsung melayani keseluruhan terminal, melainkan hanya rute yang menghubungkan Terminal 2 dan Terminal 3.

Namun, setelah pengoperasian tahap pertama, skytrain di Bandara Soekarno-Hatta ke depannya juga akan melayani perpindahan ke Terminal 1, integrated building, lalu tersambung lagi ke Terminal 3.

(Baca juga: Ini Jadwal "Skytrain" di Soekarno-Hatta pada Tahap Awal Dioperasikan)

Selain itu, dalam pengoperasian tahap pertamanya, skytrain bandara juga bakal beroperasi pada waktu-waktu tertentu saja, tepatnya pada pukul 07.00-10.00 WIB, kemudian dari pukul 13.00-14.00 WIB, serta dari pukul 17.00-19.00 WIB.

Kebijakan tiga waktu operasi yang belum 24 jam itu dilakukan untuk mengevaluasi fasilitas tersebut serta mencatat jika masih ada kekurangan yang harus dilengkapi.

"Ini akan kami terapkan sampai akhir tahun, baru bisa beroperasi secara penuh," kata Public Relation Manager PT Angkasa Pura II Yado Yarismano saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (15/9/2017).

Peresmian skytrain ini dinilai sesuai jadwal setelah Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub melakukan verifikasi dan menerbitkan sertifikat tanda lulus uji coba.

 

Kompas TV Untuk tahap awal, skytrain belum beroperasi secara penuh. Faktor keselamatan menjadi perhatian sebelum skytrain dioperasikan.

PenulisRidwan Aji Pitoko
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM