ABDU L WAHAB. Pendakwah muda yang merantau ke bumi Papua itu hari-hari ini menyemarakkan diskusi di media sosial tentang makna penting agama dan anjing. Ia menulis di laman Facebook, "Walau pun najis tapi kata guruku: puncak dari agama adalah cinta." Reaksi beragam hadir, disertai caci dan stigma negatif.
Lekas sekali ia mengingatkanku pada Rumi yang memang identik dengan agama cinta. Bedanya, publik mengingat Jalaluddin Rumi, sang sufi agung itu, lewat syair-syair dan tarian sema yang legendaris itu. Sedangkan masyarakat hari ini mengobrolkan Wahab dengan pokok bahasan anjing dan hukum najis dalam Islam.
Wahab menulis, "Kasihan sekali anjing ini. Tubuhnya banyak sekali luka dan seperti sangat kelaparan. Tadi aku ajak ke pondok dan sedikit aku obati dan kasih makan."
Tidak hanya itu. Ia juga menggunggah satu foto dirinya bersama anjing malang tersebut. Dan, ternyata reaksi publik menggelinding bak bola salju.
Tak bisa aku bayangkan betapa Wahab sibuk membaca satu per satu komentar orang. Ah, tapi aku memilih tidak percaya bahwa Wahab akan menghabiskan waktu untuk meladeni tiap pendapat orang. Sebab, sampai kolom ini kutulis, informasi di laman pemuda tampan itu mencantumkan 1,9 ribu comments dan 5,6 ribu shares.
Aku berangan-angan, andaikata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) mengundang juga Wahab dalam pertemuan dengan selebritas Twitter, atau anggaplah ia mengadakan perjamuan dengan selebritas Facebook, termasuk Abdu L Wahab, kontroversi niscaya akan lebih hidup dan berwarna.
Tinggal Wahab unggah status dan foto, efek domino dari temu muka Ahok dengan kaum sosialita media sosial akan jauh lebih luas wilayah diskusinya. Kepopuleran Wahab di Facebook telah terbukti dan teruji. Tinggal merayunya untuk memoles diri di depan cermin politik, menjadi ikon debat hanya soal gimik.
Tapi andai pun Ahok mengundang Wahab, aku kok tak percaya Wahab akan memenuhinya. Sebab, spirit yang ia perjuangkan adalah petuah gurunya, yaitu puncak agama adalah cinta. Bukan popularitas, bukan pula jabatan politik. Jika sekadar sengaja membikin gegeran, tak perlu Wahab melanglang ke Indonesia timur.
Jika kini publik, setidaknya yang tinggal di linimasa Twitter, meributkan foto kaleng-kaleng bir dalam acara Ahok dan selebritas pengicau itu, ia tak sendirian menghadapi polemik itu. Lagipula, Ahok seorang gubernur dan kandidat petahana yang punya "Teman Ahok". Wahab? Wahab perlu rasanya menggalang Teman Wahab.
Aku memperkirakan tema baru akan muncul untuk dibincangkan di laman Facebook Abdu L Wahab disertai kontroversi berikutnya. Tak bisa kiranya Wahab mengandalkan relawan sesama pendakwah atau teman-temannya. Pendakwah pun masih terbelah pendapatnya soal muslim berinteraksi dengan anjing.
Beberapa hari lalu, ketika hadir dalam Majelis Dzikir Ajeg Seloso Kliwon di Pesantren Edi Mancoro, Kabupaten Semarang, aku dan para pembicara lainnya juga mendapat pertanyaan tentang anjing.
Bahkan, lebih ekstrim lagi. Penanya minta petuah bagaimana ia harus bersikap pada seorang kiai pro anjing.
Kiai itu, katanya, memelihara anjing dan membiarkannya juga berkeliaran di sekitar masjid. "Padahal, kiai itu juga menjadi imam masjid," ungkap penanya. Ah, untunglah KH Budi Harjono dan KH Agus Suedi yang menjawab. Keduanya memaparkan riwayat, kisah dan dalil soal anjing dan sikap muslim terhadapnya.
Jika tak salah mengingat, Kiai Budi, tokoh sufi 'caping gunung' yang kini mengasuh lebih dari lima ratus penari sufi berputar itu, mengutip kitab "Syarhu Kaasyifatus Sajaa 'alaa Safiinatin Najaa fii Ushuulid Diini wal Fiqhi" karya ulama agung, Syekh Muhammad Nawawi al Bantani, untuk menjawab soal sensitif itu.
Sepuluh sifat