Salin Artikel

9 Tempat Rekreasi Melihat Hewan di Jabodetabek

KOMPAS.com - Rekreasi melihat hewan merupakan liburan yang paling diminati oleh masyarakat khususnya anak-anak. Anak-anak memang identik menyukai hewan sehingga tidak heran bila mayoritas pengunjungnya membawa anak-anak.

Di Jakarta dan sekitarnya banyak tempat wisata yang memang diperuntukan mengenalkan aneka jenis hewan. Beragam hewan bisa dijumpai di tempat wisata tersebut. Mulai dari hewan buas, hewan jinak, hewan ternak, hingga serangga dan reptil. 

Berikut ini rekomendasi tempat wisata melihat hewan di Jakarta dan sekitarnya.

Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan merupakan salah satu obyek wisata yang masih menjadi sasaran banyak orang. Taman seluas 140 hektar ini menyediakan berbagai macam koleksi spesies mulai dari hewan buas, hewan jinak, hewan ternak hingga serangga dan reptil.

Tak hanya itu saja banyak juga pertunjukan yang bisa Anda dan anak saksikan di sini. Selain itu di Taman Margasatwa Ragunan juga ada Pusat Primata Schmutzer.

Taman Margasatwa Ragunan yang terletak di Jalan Harsono RM Nomor 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini tidak pernah sepin pengunjung. Terlebih saat weekend dan libur nasional.

Harga tiket masuknya terbilang murah. Untuk dewasa dikenakan biaya Rp 4.000 sedangkan untuk anak-anak dikenakan biaya Rp 3.000 dengan kartu JakCard. Taman Margasatwa Ragunan buka dari Selasa hingga Minggu pukul 07.00-16.00 WIB.

Tidak hanya pantai, di Ancol juga terdapat kebun binatang yang bagus. Layaknya di Ragunan, Faunaland Ancol memamerkan aneka hewan khususnya yang khas dari benua Asia dan Australia.

Faunaland Ancol memiliki luas lahan 5 hektar. Banyak hewan-hewan unik yang bisa Anda dan anak saksikan seperti singa putih, kangguru putih, aneka burung kakatua dan lainnya.

Tak hanya itu saja, di Faunaland Ancol juga terdapat wahana Safari River Cruise dimana pengunjung bisa mengitari wilayah Faunaland Ancol dengan perahu. Selain itu juga ada Bird Show yang dibuka setiap harinya. pukul 11.00 dan 16.00 WIB.

Faunaland Ancol buka dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Harga tiketnya Senin – Jumat sebesar Rp 65.000 dan Sabtu – Minggu seharga Rp 75.000.

Ocean Dream Samudra merupakan unit oceanarium terbesar di Jakarta. Banyak pentas hewan yang digelar di sini seperti pentas lumba-lumba, pentas singa laut, pentas aneka satwa, peragaan satwa, akuarium ikan laut dan tawar serta taman yang merupakan habitat beraneka macam burung.

Ocean Dream Samudra Ancol juga menjadi pusat studi konservasi ex-situ lumba-lumba (dolphinarium) karena memiliki konsep dan manajemen lumba-lumba yang paling lengkap.

Di sana terdapat kolam penampungan lumba-lumba, water treatment, trainer/keeper, pengadaan ikan yang berkualitas, laboratorium, para medis dan dokter hewan.

Harga tiket masuk Ocean Dream mulai dari Rp 127.530 - Rp 191.295 termasuk pintu masuk Ancol. Buka dari pukul 09.00-17.00 WIB.

Ingin melihat biota laut, Sea World bisa menjadi pilihan. Sea World Ancol merupakan tempat wisata untuk memberikan hiburan dan pendidikan khususnya tentang dunia laut.

Melansir dari laman resminya, SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil.

Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display yang terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka. Di sini juga ada fasilitas Feeding Show di akuarium utama, dan Kolam Sentuh.

Sea World Ancol buka Senin – Jum'at pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 09.00 WIB – 18.00 WIB. Harga tiketnya mulai dari Rp 140.000-Rp 195.000.

Jakarta Aquarium merupakan salah satu tempat wisata yang jadi tujuan banyak keluarga. Di sini terdapat akuarium indoor terbesar di Indonesia.

Pengunjung bisa melihat lebih dari 3.500 spesies hewan akuatik dan non-akuatik. Selain itu, pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan seperti menyentuh, membelai, dan memberi makan.

Jakarta Aquarium terletak di Neo Soho Mall yang hanya berjarak 4 kilometer dari sebelah barat Monas. Tepatnya di Jalan Letjen S. Parman Nomor 106, Grogol Petamburan. 

Adapun jam operasionalnya mulai pukul 11.00 – 20.00 WIB untuk hari Senin – Jumat. Sedangkan di hari Sabtu dan Minggu pada pukul 10.00 – 20.00 WIB. Harga tiketnya mulai dari Rp 145.000 - Rp 213.000.

Bagi yang berada di Jakarta Timur tidak perlu jauh-jauh melihat satwa. Cukup datang ke TMII karena TMII memiliki aneka tempat wisata melihat hewan seperti Taman Burung di mana terdapat 175 jenis burung dan 30 burung langka.

Lalu aja juga Dunia Air Tawar TMII di mana terdapat 6.000 ekor 126 spesies yang terdiri atas  berbagai jenis, ukuran, dan berasal baik dari berbagai perairan di Indonesia maupun dunia.

Taman Akuarium ini dilengkapi museum, perpustakaan, auditorium, akuarium Nusantara, Pojok Reptilia, Lorong Gurame, dan ruang karantina yang dibangun di bagian belakang untuk pengembangbiakan koleksi.

Selain itu ada juga Museum Fauna Indonesia Komodo & Taman Reptilia, Museum Serangga dan Taman Kupu-kupu. Di sana terdapat aneka jenis satwa liar seperti komodo, ular, serangga dan kupu-kupu.

Berbagai jenis serangga dan kupu-kupu juga diawetkan di sana sehingga Anda bisa melihatnya dengan seksama. Harga tiketnya bervariasi namun tidak mahal. Kisaran Rp 15.000-Rp25.000 per orang.

Melihat kuda kini tak perlu jauh-jauh lagi ke luar kota. Branchsto Equestrian Park di BSD, Tangerang menawarkan wahana menunggangi kuda di peternakan. Di sana juga tersedia aneka wahana bermain untuk anak-anak.

Branchsto Equestrian Park cocok bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak liburan singkat namun tidak jauh dari kota. Lokasi Branchsto Equestrian Park berada di BSD City, Jalan BSD Raya Barat, Pagedangan, Serpong, Tangerang.

Posisinya tidak jauh dengan lokasi QBIG Mall yang juga berada di kawasan BSD. Tempatnya memang tidak terlalu luas. Namun di dalamnya banyak aneka wahana yang bisa dimainkan oleh anak-anak. seperti pony ride, horse ride, ATV, mini train, log train, sepeda listrik dan lainnya.

Harga Tiket Masuk Untuk masuk ke area Branchsto Equestrian Park tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun untuk naik wahana dikenakan biara kisaran Rp 25.000 - 75.000.

Branchsto Equestrian Park buka hari Selasa-Minggu (Hari Senin Libur, kecuali Hari Libur Nasional). Buka dari pukul 09.00 - 17.00 WIB.

Jika anak gemar dengan hewan, tempat satu ini bisa menjadi pilihan. Di Scientia Square Park, anak-anak bisa memberi makan hewan seperti kelinci dan juga menunggangi kuda.

Selain itu, juga ada kolam di mana anak bisa memberi makan ikan. Sudah pasti hal ini membuat hati anak senang. Ada banyak wahana di sini seperti mini riding club, rabbit tales, koi feeding dan petopia.

Untuk masuk ke sini, anda dikenakan Rp 45.000 untuk weekday dan Rp 95.000 untuk weekend. Anda dan anak tinggal menuju jalan Scientia Boulevard Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang untuk menikmatinya

Tidak perlu jauh jauh ke Ragunan di Jakarta Selatan untuk mengajak anak melihat satwa. Di Depok juga terdapat tempat wisata melihat hewan yang beranama D'Kandang Amazing Farm.

D'Kandang Amazing Farm mengusung konsep pertanian dan peternakan. Ada banyak hewan peternakan yang bisa Anda lihat di sini seperti kuda, kelinci. Selain itu Anda dan anak juga bisa memberi makan hewan-hewan di sana.

Lokasinya ada di Jalan Penarikan, Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok. Mereka buka di hari Senin-Kamis dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB (Jumat tutup). Harga tiket masuknya hanya Rp 20 ribu per orang.

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/05/27/01150011/9-tempat-rekreasi-melihat-hewan-di-jabodetabek

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Diresmikan Ridwan Kamil Pekan Lalu, Panggung Apung Situ Rawa Kalong Belum Dapat Diakses

Diresmikan Ridwan Kamil Pekan Lalu, Panggung Apung Situ Rawa Kalong Belum Dapat Diakses

Megapolitan
Petugas PPSU Aniaya Pacar, Korban Enggan Bikin Laporan Polisi: Itu Calon Suami Saya

Petugas PPSU Aniaya Pacar, Korban Enggan Bikin Laporan Polisi: Itu Calon Suami Saya

Megapolitan
10 Sekolah Negeri di Jakarta Diduga Intoleran, Paksa Pakai Jilbab hingga Larang Pilih Ketua OSIS Nonmuslim

10 Sekolah Negeri di Jakarta Diduga Intoleran, Paksa Pakai Jilbab hingga Larang Pilih Ketua OSIS Nonmuslim

Megapolitan
Pemprov DKI Akan Gelar Upacara HUT Ke-77 RI di Plaza Selatan Monas

Pemprov DKI Akan Gelar Upacara HUT Ke-77 RI di Plaza Selatan Monas

Megapolitan
HUT Ke-77 RI, Pemkot Jakpus Gelar Lomba 'Urban Farming' hingga Kebersihan Lingkungan

HUT Ke-77 RI, Pemkot Jakpus Gelar Lomba "Urban Farming" hingga Kebersihan Lingkungan

Megapolitan
Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Mengambang di Jayanti Tangerang, Diduga Tenggelam

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Mengambang di Jayanti Tangerang, Diduga Tenggelam

Megapolitan
Pembangunan Rampung, Jembatan Antilope yang Baru Diuji Coba Rabu Sore Ini

Pembangunan Rampung, Jembatan Antilope yang Baru Diuji Coba Rabu Sore Ini

Megapolitan
Terjebak Kerumunan Pedemo di DPR, Pengendara Motor Terobos dan Lindas Tanaman di Flyover Ladokgi

Terjebak Kerumunan Pedemo di DPR, Pengendara Motor Terobos dan Lindas Tanaman di Flyover Ladokgi

Megapolitan
Serikat Ojol Ikut Demo di Gedung DPR: Lelah jadi 'Sapi Perah' Aplikator

Serikat Ojol Ikut Demo di Gedung DPR: Lelah jadi 'Sapi Perah' Aplikator

Megapolitan
Anies: Jika Lihat Tindak Kekerasan, Usahakan Langsung Cegah atau Lapor Pihak Berwenang

Anies: Jika Lihat Tindak Kekerasan, Usahakan Langsung Cegah atau Lapor Pihak Berwenang

Megapolitan
Demo Tolak UU Cipta Kerja, Massa Buruh Panjat Gerbang Utama DPR/MPR RI

Demo Tolak UU Cipta Kerja, Massa Buruh Panjat Gerbang Utama DPR/MPR RI

Megapolitan
Sidang Kasus Pengeroyokan Ade Armando Kembali Digelar, 6 Terdakwa Akan Berikan Keterangan

Sidang Kasus Pengeroyokan Ade Armando Kembali Digelar, 6 Terdakwa Akan Berikan Keterangan

Megapolitan
Petugas PPSU yang Aniaya Pacarnya di Bangka Ditahan Polisi

Petugas PPSU yang Aniaya Pacarnya di Bangka Ditahan Polisi

Megapolitan
Pabrik Cat di Jatake Tangerang Terbakar, BPBD: Tidak Ada Korban Jiwa

Pabrik Cat di Jatake Tangerang Terbakar, BPBD: Tidak Ada Korban Jiwa

Megapolitan
Ditendang hingga Ditabrak Petugas PPSU di Kemang, Korban Mengaku Tidak Apa-apa: Itu Calon Suami Saya

Ditendang hingga Ditabrak Petugas PPSU di Kemang, Korban Mengaku Tidak Apa-apa: Itu Calon Suami Saya

Megapolitan
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.