Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Bentrok Mahasiswa-Polisi di Gambir

Kompas.com - 27/03/2012, 19:21 WIB
Roderick Adrian Mozes

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa mahasiswa menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) berujung ricuh dengan aparat kepolisian di kawasan Monumen Nasional dekat Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta, Selasa (27/3/2012) sore.

Mahasiswa berjumlah ribuan tersebut sejatinya akan menuju Istana Kepresidenan dan melakukan aksi di sana, namun langkah mereka terhadang barikade aparat kepolisian.

Meskipun sempat diguyur hujan, massa tetap berkumpul berhadap-hadapan dengan polisi. Mereka terus menyanyikan lagu perjuangan sambil memajukan barisan mereka sedikit demi sedikit.

Suasana semakin ramai ketika sejumlah besar mahasiswa datang dan bergabung dengan mahasiswa yang lain. Sekitar pukul 15.30, barisan mahasiswa semakin mendekati barikade polisi.

Entah siapa yang memulai aksi dorong mendorong pun terjadi disusul dengan lemparan kayu ke arah polisi. Tidak lama gas air mata ditembakkan ke arah mahasiswa untuk membubarkan massa.

Mahasiswa terpaksa mundur bahkan salah seorang mahasiswi pingsan dan harus dibopong oleh rekannya. Tidak berapa lama mahasiswa kembali maju dan melemparkan batu ke arah polisi sehingga polisi mengerahkan mobil water canon untuk membubarkan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com