Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Sindir Jokowi Tersebar, Foke Pilih Bungkam

Kompas.com - 09/08/2012, 16:29 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Fauzi Bowo memilih bungkam terkait pernyataan kontroversial yang menyindir Joko Widodo saat mengunjungi korban kebakaran di Karet Tengsin pada Selasa (7/8/2012) lalu.

"Saya tidak ingin memberikan komentar. Apa yang saya lakukan itu hanya bagian dari inspeksi saya saat mengunjungi warga saya yang kena musibah," kata Foke, sapaan Fauzi Bowo, di Jakarta, Kamis (9/8/2012).

Mengenai tanggapan dari tim suksesnya bahwa dirinya hanya bercanda saat melontarkan pernyataan tersebut, ia tetap bersikeras tak mau memberikan tanggapan. Kehadirannya saat itu bertujuan untuk melihat kondisi warga Jakarta yang menjadi korban kebakaran sekaligus memberikan bantuan.

"Saya tidak perlu memberikan tanggapan terhadap kejadian tersebut. Tidak ada komentar apa pun," ujar Foke.

Ia menambahkan bahwa dengan kedatangannya tersebut, dirinya dapat melihat langsung kondisi kawasan yang habis terbakar dan dapat langsung menginstruksikan kepada jajarannya untuk menginventarisir kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi korban kebakaran.

"Pastinya saya datang mau membantu mereka. Meminta mereka bersabar dalam menghadapi musibah tersebut. Saat ini sedang diinventarisir masalah mereka," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, petahana Fauzi Bowo melontarkan pernyataan yang menyindir saingannya di Pilkada DKI, Joko Widodo, saat berkunjung ke lokasi pengungsian korban kebakaran Kalimati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Selasa (7/8/2012). Sindiran sang Gubernur yang kembali maju dalam Pilkada DKI Jakarta putaran kedua ini bahkan terekam kamera video salah satu televisi swasta. Video tersebut juga diunggah ke YouTube dan memancing komentar warga.

Di dalam video berjudul 'Kunjungi Warga Karet Tengsin (musibah kebakaran, foke justru berkampanye' itu, Foke bertanya kepada warga perihal pilihan warga dalam Pilkada DKI putaran kedua.

"Sekarang lo nyolok siapa? Kalo nyolok Jokowi, mending mah bangun di Solo aja," kata Foke.

Sebelumnya Kepala Media Center Tim Foke-Nara, Kahfi Siregar, mengatakan bahwa pernyataan Foke tersebut adalah gaya bercanda Foke kepada warga. Ia menjelaskan bahwa Foke memang selalu tampil apa adanya walaupun ada kamera.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com