Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Sehat Sudah Jalan

Kompas.com - 12/11/2012, 03:06 WIB

Jakarta, Kompas - Masih banyak warga Jakarta yang belum tahu cara memperoleh Kartu Jakarta Sehat. Mereka tidak mendapatkan informasi yang jelas tentang cara mengurus kartu tersebut. Di puskesmas pun tidak ada loket khusus untuk pendaftaran kartu tersebut.

Beberapa warga di Kelurahan Tambora, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Minggu (11/11), menuturkan, tidak ada informasi kepada warga yang belum menerima Kartu Jakarta Sehat. ”Saya belum terima. Saya juga tak tahu harus daftar ke mana, syaratnya apa,” kata Yuli (50), warga RT 03 RW 03, Kelurahan Tambora.

Padahal, tidak jauh dari rumah Yuli, tepatnya di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tambora, Gubernur Joko Widodo meluncurkan dan membagikan Kartu Jakarta Sehat, Sabtu. Sebanyak 504 warga Kelurahan Tambora menerima kartu itu.

Yuli, pemegang kartu JPK/Gakin, berharap juga bakal memegang Kartu Jakarta Sehat. Sehari-hari, Yuli membuka warung minuman dan makanan kecil di gang sempit depan rumahnya.

”Katanya (untuk memperoleh kartu) harus ke RT, RW, kelurahan. Di puskesmas enggak ada pemberitahuan,” ujar Yuli.

Dia juga bingung, apakah setiap anggota keluarga akan memegang satu kartu atau cukup satu kartu untuk satu keluarga. Kartu Jakarta Sehat berukuran sebesar KTP dengan keterangan nama pemegang kartu.

Hal senada dituturkan Enah (59), warga RT 03. Dia juga belum mendapat Kartu Jakarta Sehat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emawati menjelaskan, untuk memperoleh Kartu Jakarta Sehat, warga cukup datang ke puskesmas terdekat serta menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) domisili Jakarta. ”Cukup dengan KK, satu keluarga bisa mendaftar melalui puskesmas,” katanya.

Kini, belum semua Kartu Jakarta Sehat selesai dicetak. Namun, warga sudah berhak mendapatkan pelayanan gratis di 269 puskesmas kelurahan, 44 puskesmas kecamatan, dan 88 rumah sakit yang telah menandatangani kesepakatan dengan Pemprov DKI Jakarta.

Khawatir membeludak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com