Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenang Julian Sihombing Lewat Buku Foto

Kompas.com - 10/12/2012, 13:13 WIB
Firly Anugrah Putri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengenang fotografer Julian Sihombing, begitulah nama acara yang diselenggarakan Minggu (9/12/12) di Galeri Cipta 3, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat.

Julian Sihombing dikenal sebagai fotografer andal, dia merupakan fotografer senior Harian Kompas, serta mendapat beberapa penghargaan yang salah satu karya fenomenalnya adalah fotonya yang mengabadikan insiden penembakan mahasiswa Trisaksi tahun 1998.

Sayang Tuhan berkata lain, Sang Fotografer tutup usia pada Minggu (14/10/2012) di National University Hospital Singapura karena mengidap kanker. Sosoknya yang dikenal baik, tulus, dan supel membuat banyak orang tak begitu saja melupakan almarhum Julian.

Dedikasinya di bidang fotografi begitu dikagumi banyak orang. Untuk mengenang Julian Sihombing, mereka pun digelar acara Mengenang Julian Sihombing, berisi diskusi tentang buku foto Julian, pemutaran film tentang Julian Sihombing, hingga perpustakaan sehari di mana orang-orang yang datang membawa buku foto favoritnya dan dapat saling bertukar untuk membacanya.

Deny, sang penggagas acara mengatakan, salah satu tujuan acara tersebut agar banyak orang, kaum muda untuk tergugah untuk menyukai, dan memahami serta mendalami foto, khususnya buku tentang foto, karena dari gambar sesungguhnya juga dapat menerjemahkan rangkaian untuk dimengerti.

"Buku itu seperti batu bata, seperti sebuah pondasi yang dibutuhkan, lewat buku pengetahuan seseorang dapat digali dan diperkuat untuk kemajuan dirinya," katanya kepada Kompas.com Minggu (9/12/2012) petang.

Kegiatan seperti ini rencananya akan diadakan dua kali dalam satu tahun. Menurut Deny kegigihan alm. Julian dalam memberikan gairah untuk membaca dan membeli buku foto perlu diberi apresiasi, misalnya dengan acara-acara seputar buku foto, diskusi, dan bazar buku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com