Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kartu Sehat, Lahir di Tanggal Cantik Pun Gratis

Kompas.com - 12/12/2012, 16:54 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen kelahiran dengan tanggal "cantik" seperti pada hari ini, Rabu (12/12/2012), memang diharapkan oleh ibu-ibu muda yang ingin memiliki anak. Begitu juga dengan tiga ibu pengguna Kartu Jakarta Sehat Jokowi di Cengkareng, Jakarta Barat.

"Hari ini di RSUD Cengkareng ada tiga ibu melahirkan dengan menggunakan KJS. Semua biaya ditanggung oleh Pemprov, termasuk ibu yang melahirkan caesar," kata Wakil Direktur Keuangan dan Umum RSUD Cengkareng Silvia di RSUD Cengkareng, Rabu (12/12/2012).

Silvia mengatakan, dari tiga ibu melahirkan, satu ibu melahirkan secara normal, sedangkan dua ibu melahirkan dengan caesar. Seluruh biaya ditangguhkan asalkan memiliki kartu keluarga, KTP, dan surat rujukan dari Puskesmas.

Sandi, suami dari salah satu ibu yang melahirkan, mengatakan bahwa dirinya sangat terbantu dengan program KJS dari Jokowi. Prosedur pengurusan untuk istrinya yang caesar juga sangat mudah. Ia hanya membutuhkan KTP dan surat rujukan dari Puskesmas Kalideres.

Warga Tegal Alur Kalideres tersebut merasa sangat terbantu karena KJS meringankan beban biaya melahirkan anak ketiganya ini. Anak pertamanya lahir pada 2005 dan ia menghabiskan biaya sebesar Rp 17 juta di sebuah rumah sakit swasta. Anak keduanya lahir di rumah sakit swasta di Jembatan Lima dan ia harus membayar Rp 13 juta.

"Saya bersyukur banget, dengan adanya KJS ini jadi meringankan warga. Kebetulan kan bayinya juga cukup besar ya, 4,1 kg, jadi memang harus di-caesar," kata Sandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com