Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tito Ditemukan Berbaring di Pipa Basement 1 UOB

Kompas.com - 19/01/2013, 02:06 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tito, salah seorang korban genangan yang membajiri basement gedung UOB Plaza, Jakarta, ditemukan dalam keadaan selamat. Ia ditemukan tim penyelamat tengah berbaring di deretan pipa basement lantai 1.

"Dia baringkan badannya di atas pipa. Kondisinya sangat lemah," tutur Deni Suncoko, salah seorang anggota tim penyelamat di depan Gedung Plaza UOB, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1/2013) dini hari.

Deni menjelaskan, sebelumnya mereka sempat mendengar adanya suara. Mereka lantas mencoba berteriak dan terdengar tanggapan dari Tito. "Tiap kali kami teriak, dia cuma jawab 'oi..oi," tutur Deni.

Kesulitan belum berakhir. Celah antara permukaan air dan atap basement menyebabkan suara jawaban Tito menggema. Akibat, anggota tim tidak mudah untuk melacak arah suara. Namun, anggota Kodim Jakarta Pusat itu terus bergerak bersama rekan-rekannya hingga akhirnya menemukan tubuh Tito yang sedang berbaring di atas pipa-pipa di bagian atas basement.

"Posisi ditemukan di basement 1 sebelah sana (timur gedung), di pojokan dekat lift," terang Deni.

Karena itu, korban kemudian dievakuasi melalui pintu timur. Tito dibawa ke RS Mintohardjo dengan satu unit ambulans pada sekitar pukul 11.15 WIB. Tito menjadi korban kedua yang ditemudkan selamat, setelah sebelumnya tim penyelamat mengevakuasi Tri Santoso juga dalam keadaan hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com