Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Magelang Terima Kartu Sehat

Kompas.com - 28/02/2013, 16:16 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com -- Sebagian besar warga Kota Magelang sudah menerima Kartu Magelang Sehat. Dinas Kesehatan Kota Magelang mencatat sebanyak 57.203 kartu telah dicetak dari kuota yang ada sebanyak 60.000 kartu.

"Sementara kartu yang sudah diterima warga sebanyak 37.105 kartu," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang Pantja Kuntjara, dalam acara penyerahan Kartu Magelang Sehat kepada warga Kelurahan Wates, Kamis (28/02/2013).

Hingga akhir Januari 2012, sebut Pantja, sudah ada beberapa rumah sakit yang mengajukan klaim biaya perawatan kesehatan. Untuk rumah sakit Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK) 2 yakni RSU Tidar, mengklaim biaya sebesar Rp. 332.130.916, sedangkan untuk PPK 2 yaitu RSUP Karyadi Semarang baru mengklaim Rp 451.623.

"Biaya perawatan pemegang kartu ini diambil dari APBD Kota Magelang tahun 2013, yakni sebanyak Rp 7 miliar. Kami berharap anggaran tersebut bisa mencukupi biaya perawatan hingga akhir tahun ini," terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito meminta agar kartu itu bisa digunakan dengan bijak dan dimanfaatkan dengan baik. Ia mengatakan, jika penyakitnya tidak terlalu parah, misal ada warga yang terkena penyakit panu atau penyakit ringan lainnya, mereka tidak langsung berobat ke rumah sakit umum, namun disarankan diatasi terlebih dahulu oleh PPK 1 yaitu puskesmas.

"Puskesmas sekarang sudah lengkap fasilitas alatnya, mulai dari tes darah sampai kolesterol, peserta Kartu Magelang Sehat bisa langsung datang ke puskesmas untuk mendapat layanan tersebut," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com